EFEKTIVITAS ASESMEN FORMATIF BERBANTUAN FACEBOOK DALAM PEMBELAJARAN BIOKIMIA

Ismail Ismail(1*), Adnan Adnan(2),

(1) FMIPA Universitas Negeri Makasssar
(2) FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biokimia, kemampuan pengaturan diri dan hubungan antara hasil belajar biokimia dan kemampuan self-regulation mahasiswa setelah penerapan asesmen formatif berbantuan facebook. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental Research dengan rancangan nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA UNM. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes objektif dan angket self-regulation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan asesmen formatif berbantuan facebook efektif dalam meningkatkan hasil belajar biokimia dan kemampuan self-regulation mahasiswa. Kemampaun self-regulation mahasiswa berkorelasi dengan hasil belajar dalam kategori sedang dengan faktor determiasi sebesar 26,4%.

Keywords: asesmen formatif, facebook, hasil belajar, self-regulation

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 216 times | PDF view : 342 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.