Kemampuan Penggunaan Struktur Kalimat Terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa

FARDILLAH FARDILLAH(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Menulis adalah kegiatan menyampaikan sesuatu menggunakan bahasa melalui tulisan, dengan maksud dan pertimbangan tertentu untuk mencapai sesuatu yang dikehendaki. Keterampilan menulis sangat penting bagi siswa. Penulis perlu memiliki banyak ide, Ilmu pengetahuan, dan pengalaman hidup. Hal ini merupakan modal dasar yang harus dimiliki dalam kegiatan menulis. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif selalu bersifat deskriptif, artinya data yang dianalisis dan hasil analisisnya tidak berupa angka-angka atau koefisien tentang hubungan antara variable. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa-siswi kelas VII SMPN 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskripsi kualitatif yaitu mendeskripsikan atau menggambarkan data dengan menggunakan kata-kata atau gambar dan bukan merupakan angka-angka. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Penulis menggunakan mencari persentase nilai siswa yang mendapat nilai 6.5 ke atas kemudian dibagi dengan jumlah siswa dan dikali dengan100 %. Dengan rumus : Nilai yang menjadi standar penelitian adalah 6.5 ke atas dengan persentase 80%. Nilai yang diperoleh di atas 6.5 atau 80% dapat dikatan bahwa siswa tersebut sudah mampu menggunakan kosa kata dalam kalimat terhadap keterampilan menulis paragraf deskripsi. Nilai yang diperoleh di bawah 6.5 atau 80%, dapat dikatakan bahwa siswa tersebut belum mampu atau dianggap belum tuntas dalam belajar.

Kata kunci: Kemampuan, Penggunaan struktur kalimat, keterampilan menulis, paragraph deskripsi,

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 377 times | PDF view : 413 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.