Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Terapan Berbasis Proyek dengan Sistem Hybrid

Fatimah Hidayahni Amin(1*), Riny Jefri(2), Seni Luhriyani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Studi ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dengan sistem hybrid pada pembelajaran English for Tourism dan persepsi mahasiswa terhadap penerapan metode pembelajaran tersebut. Subjek penelitian adalah mahasiswa-mahasiswa Angkatan 2020/2021 pada Prodi Bahasa Inggris D-IV yang dipilih secara purposif. Pengambilan data hasil observasi dan pertanyaan wawancara dan analisis melalui proses klasifikasi, interpretasi, dan kesimpulan dilakukan untuk penerapan metode pembelajaran. Sedangkan data persepsi mahasiswa dianalisis melalui angket Skala Likert. Temuan pertama menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dengan sistem hybrid pada pembelajaran English for Tourism berjalan dengan baik dan lancar. Sembilan aspek yang menjadi indikator penerapan adalah (1) pelaksanaan pembelajaran berjalan baik, (2) kendala pembelajaran pada jaringan Internet dan organisasi kelas, (3) kemudahan akses, (4) pemanfaatan fitur-fitur Syamok yang mendukung, (5) pertemuan kelas yang alternatif, (6) interaksi kelas yang memilih antara kelompok dan individu, (7) penugasan yang mendukung pemahaman, (8) kegiatan pembelajaran yang terarah, dan (9) penjelasan materi yang mudah dipahami. Temuan kedua menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa adalah Sangat Positif dengan nilai rata-rata 43.05. Hasil ini didukung oleh respon mahasiswa yang mengalami kemudahan dalam pelaksanaan proses pembelajaran, situasi pembelajaran yang menyenangkan, penugasan yang dapat mengarahkan ke peningkatan keterampilan, pengetahuan, dan sikap, dan pilihan pembelajaran pada dua situasi daring dan luring. Sehingga penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dengan sistem hybrid pada pembelajaran English for Tourism masih membutuhkan organisasi kelas yang lebih baik.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Sistem Hybrid

Full Text:

PDF

References


Almulla, Mohammed Abdullatif. The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. 5 Juli 2020. Sage Journal. https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/2158244020938702. https://doi.org/10.1177/2158244020938702

Binnewies, S. & Wang, Z. (2019). Challenges of Student Equity and Engagement in a HyFlex Course. Blended Learning Designs in STEM Higher Education pp 209–230. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-981-13-6982-7_12

Blumenfeld et al 1991, EDUCATIONAL PSYCHOLOGIST, 26(3&4) 369-398 "Motivating Project-Based Learning: Sustaining the Doing, Supporting the Learning." Phyllis C. Blumenfeld, Elliot Soloway, Ronald W. Marx, Joseph S. Krajcik, Mark Guzdial, and Annemarie Palincsar.

Brown, C. (2017). Advantages and disadvantages of distance learning. Retrieved from https://www.eztalks.com/elearning/advantagesand-disadvantages-of-distance-learning.html

Bülow, Morten Winther. (2014). Designing Synchronous Hybrid Learning Spaces: Challenges and Opportunities. Hybrid Learning Spaces pp 135–163 https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-030-88520-5_9

Castaneda, Ruby Jackeline Pinzon. English Teaching through Project Based Learning Method in Rural Area. Juni 2014. Cuadernos de Linguistica Hispanica. ISSN 0121-053X. http://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-053X2014000100009

Celtekligil, K. & Adiguzel, Z. (2020). Analysis of the effect of innovation strategy and technological turbulence on competitive capabilities and organizational innovativeness in technology firms. Procedia Computer Science, 158, p.772- 780.

Gay, L.R. (2007). Educational research: competencies for analysis and application. Third Edition, Columbus, Ohio: Charless E. Merril Publishing Company.

Hediansah, D. & Surjono, H. D. (2020). Hybrid learning development to improve teacher learning management. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), p.1-9.

Hutt, M. (2017). Top 10 disadvantages of distance learning. https://www.eztalks.com/elearning/top10- disadvantages-of-distance-learning.htm

Hye-Jung Lee1, h., & Cheolil Lim1, c. (2012). Peer Evaluation in Blended Team Project-Based Learning: What Do Students Find Important?. Journal of Educational Technology & Society, 15(4), 214-224.

Simpson, Jantima. Integrating Project-Based Learning in an English Language Tourism Classroom in a Thai University (Thesis). 2011. Https://Acuresearchbank.Acu.Edu.Au/Item/8889y/Integrating-Project-Based-Learning-In-An-English-Language-Tourism-Classroom-In-A-Thai-University.

Sutisna, E. & Vonti, L. H. (2020). Innovation development strategy for hybrid learning based English teaching and learning. English Review: Journal of English Education, 9(1), 103-114. https://doi.org/10.25134/erjee.v9i1.3783

Sukerti, G N Ayu & Yuliantini, Ny. Learning Autonomy in Writing Class: Implementation of Project-Based Learning in English for Specific Purposes. 2018. Journal of Physics: Conference Series, Volume 953. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/953/1/012101/meta


Article Metrics

Abstract view : 68 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.