MENINGKATKAN MULTIPLE INTELLIGENCES ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BUGIS -MAKASSAR

Mantasiah Mantasiah(1*), Muh. Yusri Bachtiar(2), Herman Herman(3),

(1) Pendidikan Bahasa Asing, Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji tentang permainan tradisional etnis Bugis Makassar sebagai salah satu aset budaya yang dapat meningkatkan multiple intelligences Anak. Pendidikan bagi anak khususnya pengembangan Multiple Intelligences sangatlah penting untuk menjadi perhatian bagi orang tua dan guru karena anak adalah aset bangsa yang perlu dibekali dengan berbagai kompetensi/pengetahuan serta mengembangkan seluruh kemampuan yang dimilikinya sesuai dengan tahap perkembangannya. Kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh anak adalah kemampuan melatih motorik (kinestetik), melatih mengolah angka logika atau akal sehat, mengolah kata atau kemampuan mengolah kata baik secara lisan maupun tertulis, dapat berpikir secara logis, dan kemampuan berkomunikasi antarteman. Keseluruhan kompetensi tersebut sejalan dengan pendekatan Multiple Intelligences yang memandang bahwa setiap anak terlahir memiliki sembilan potensi kecerdasan, kecerdasan bahasa, logika matematika, intrapersonal, interpersonal, kinestetik, musikal, visual-spasial, naturalis, dan eksistensial, yang kesemuanya dapat diperoleh melalui permainan radisional.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 301 times | PDF view : 740 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.