Efektivitas Pelaksanaan Program Kampus Mengajar terhadap Kapasitas Kinerja Guru dan Mahasiswa

Erma Suryani Sahabuddin(1*), Amrah Amrah(2), Hotimah Hotimah(3), Andi Makkasau(4), Nur Indah Sari(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran efektivitas pelaksanaan program kampus mengajar terhadap kapasitas kinerja guru dan mahasiswa di SD Inpres Sugitangnga Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 orang guru dan 6 orang mahasiswa di SD Inpres Sugitangnga. Teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian indikator kapasitas kinerja guru dengan kriteria efektivitas sangat efektif. Selanjutnya, dari hasil penelitian indikator kapasitas kinerja mahasiswa dengan kriteria efektivitas sangat efektif. Untuk rekapitulasi data angket kapasitas kinerja guru frekuensi tertinggi sebanyak 120 dengan persentase tertinggi termasuk kriteria efektif. Sedangkan, untuk rekapitulasi data angket kapasitas kinerja mahasiswa frekuensi tertinggi sebanyak 121 dengan persentase tertinggi dalam kriteria sangat efektif. Sehingga pada pelaksanaan program kampus mengajar dapat dikatakan efektif karena menunjukkan perkembangan kapasitas kinerja guru dan mahasiswa

 

Kata Kunci: Efektivitas, Pelaksanaan Program Kampus Mengajar, Kapasitas kinerja

Full Text:

PDF

References


Abarca, R. M. (2021). An Analysis of Teacher Strategies in Teaching Reading. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2(1), 2013–2015.

Albeta, S. W., Haryati, S., Futra, D., Aisyah, R., & Siregar, A. D. (2021). The Effect of Learning Style on Students’ Learning Performance During the Covid-19 Pandemic. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 6(1), 115–123. https://doi.org/10.15575/jtk.v6i1.12603

Alnujaidi, S. (2018). The relationship between EFL students’ perceptual learning styles and their language learning strategies in Saudi Arabia. International Journal of English Linguistics, 9(1), 69. https://doi.org/10.5539/ijel.v9n1p69

Andari, S., Setiawan, A. C., & Rifqi, A. (2021). Student Exchange Program Of

Merdeka Belajar-Kampus Merdeka ( MBKM ) In Covid-19 Pandemic. Pendidikan Dan Pembelajaran, 28(1), 30.

Anggraeni, K. A., & Yusnita, R. (2017). Teachers’ Role in 21st Century: Teacher is a Facilitator, not a Dictator. Lunar, 1(1), 60–71.

Angrayni dan Yusliati. 2018. Efektivitas Rehabilitasi di Indonesia. Ponogoro:

Uwais Inspirasi Indonesia.

Annas, Aswar. 2017. Interaksi Pengambilan Keputusan dan Evaluasi Kebijakan. Makassar: Celebes Media Perkasa.

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–220.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Bismala, Lila, Susi, Handayani. dkk. 2018. Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 163.

Dewi, Indah K, Mashar, Ali. 2019. Nilai-nilai Profetik dalam Kepemimpinan Modern Pada Manajemen Kinerja. Lampung: GRE Publishing.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2020. Buku Saku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Erawati, I., Darwis, M., Nasrullah, M., & Makassar, U. N. (2017). Efektivitas Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. 3(1), 15.

Fadli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Studi Manajemen Pendidikan, 1(02), 216.

Fathurrahman, A., Sumardi, S., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 843–850. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1334

Gafur, Harun. 2015. Mahasiswa dan Dinamika Dunia Kampus. Bandung: Rasi Terbit.

Hasibuan, A. A. (2019). Analisis Faktor-faktor Peningkatan Kinerja Guru dalam Upaya Pencapaian Kualitas Proses Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 2(2), 149–159.

Hermawan, Iwan. 2021. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif & Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Hertanti, Siti, Irfan, Rindu, A. (2019). Pelaksanaan Program Karang Taruna Dalam Upaya Meningkatkan Pembangunan Di Desa Cintaratu Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Moderat, 5(3), 307.

Hidayanto, Dwi Nugroho, dkk. 2020. Pengantar Ilmu Pendidikan Teoritis Sistematis Untuk Guru dan Calon Guru. Depok: RajaGrifando Persada.

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Bikotetik, 02(3), 73–80.

Humaedi, Alie, dkk. 2015. Etnografi Bencana. Yogyakarta: LkiS

Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 1018–1027. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2061

Ismail, M. I. (2010). Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1), 44–63. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4

Juwita, Kristin. 2021. Perilaku Organisasi. Malang: Literasi Nusantara.

Kemendikbud. 2021. Buku Saku Utama Aktivitas Mahasiswa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kemendikbud. 2021. Buku Saku Utama Aktivitas Mahasiswa Program Kampus Mengajar 2021. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Makkasau, A., Sahabuddin, E., & UNM, H. H.-S. N. L. (2021). Peran Guru dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring di SD Sudirman I Kota Makassar. Ojs.Unm.Ac.Id, 459–466. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/25275

Manyoe, Intan Noviantari. 2021. Merdeka Belajar. Yogyakarta: Zihir Publishing.

Mangunhardjana, A.M. 2021. Kiat Menjadi SDM Unggul. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Matswaya, A., Sunarko, B., Widuri, R., & Indriati, S. (2019). Analisis Perencanaan Kapasitas Produksi Dengan Metoe Rought Cut Capacity Planning (RCCP) Pada Pembuatan Produk Kasur Busa (Studi pada PT Buana Spring Foam di Purwokerto). Performance, 26(2), 129. https://doi.org/10.20884/1.jp.2019.26.2.1624

Muhamad Sholeh. (2016). Kefektifan Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 41–54. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/4630

Mukson, Hamidah & Anton Satria. 2021. Lingkungan Kerja dan Orientasi Kewirausahaan Kinerja UMKM Melalui Komitmen Organisasi. Jateng: Lakeisha.

Nashar. 2020. Kualitas Pelayanan Akan Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. Pemekasan: Duta Media.

Nashiroh, P. K., Ekarini, F., & Ristanto, R. D. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Map Terhadap Kemampuan Pedagogik Mahasiswa Mata Kuliah Pengembangan Program Diklat. Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 43–52.

Pianda, Didi. 2018. Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jawa Barat: CV Jejak.

Roqib & Nurfuadi. 2020. Kepribadian Guru Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru yang Sehat di Masa Depan. Yogyakarta: Cinta Buku

Rulitawati, Husein, dkk. 2020. Model Pengelolaan Kinerja Guru. Palembang: Tunas Gemilang Press.

Sahabuddin, E. S., & Makkasau, A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Seminar Nasional LP2M UNM, 0(0), 577–580. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/11547

Saiful, B. (2014). Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru.

Supervisi Akademik, 5(1), 101.

Sari, Novita Sari, dkk. 2021. Dosen Merdeka. Malang: Unisma Press.

Septiawan, F. (2020). Efektivitas Penggunaan Google Form Dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Di SMK Negeri 1 Koba. Pendidikan Teknik Mesin, 7(2).

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Syapitri, Henny, Amila & Juneris. 2021. Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan. Malang: Ahlimedia Press.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab I, Pasal I, Poin 6.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: PB PGRI, 2006.

Widiyono, A., & Irfana, S. & F. K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107.

Wijoyo, Hadion, dkk. 2021. Efektivitas Proses Pembelajaran di Masa Pandemi. Sumatera Barat: Insan Cendekia Mandiri.

Yuliani, T. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru SMA Negeri di Balikpapan. Seminar Nasional Pendidikan Akuntansi Dan Keuangan, 270–280


Article Metrics

Abstract view : 385 times | PDF view : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.