Perancangan Sistem Vending Machine Berbasis E-Money

Satria Gunawan Z(1*), A Baso Kaswar(2), Muliaty Yantahin(3), Masikki Masikki(4), Agung Dewa Rusanda(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Vending Machine atau mesin penjual otomatis merupakan alat penjualan makanan, minuman, mainan, dan lain-lain secara otomatis tanpa adanya kasir atau operator. Umumnya sistem transaksi pada vending machine di Indonesia masih menggunakan uang kertas sebagai alat transaksinya, dimana pelanggan harus menggunakan uang pas dan tidak bisa menerima uang kembalian, serta masih membaca manual penghasilan dari setiap unit. Oleh sebab itu dibuatlah rancangan ini dengan menerapkan pembayaran dengan menggunakan uang elektronik (e-money) dan teknologi Internet of Things (IoT) kedalam Vending Machine, dimana sistem yang akan dibuat dapat melihat data transaksi, data stok dan data penjualan tiap bulannya secara online melalui website dan merubah sistem pembayaran yang sebelumnya menggunakan uang kertas kini menggunakan kartu e-money agar pelanggan tidak perlu lagi menyiapkan uang pas dengan kondisi bagus untuk melakukan transaksi. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian research and development, pengembangan alat ini dilakukan dengan melakukan studi literatur, kemudian membuat protipe alat dan melakukan pengujian terhadap prototipe yang telah dibuat. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan vending machine serta mempermudah pelanggan dalam dalam proses transaksinya.

 

 

Kata Kunci: Vending Machine, E-Money, Internet of Thing

Full Text:

PDF

References


Arduino. (n.d.). UNO r3. Arduino Docs Arduino Documentation Arduino Documentation. Retrieved November 25, 2022, from https://docs.arduino.cc/hardware/uno-rev3

Bank for Internatonal Settlements. (1996). Implications for central banks of the development of electronic money. https://www.bis.org/publ/bisp01.pdf

Dadang Sujana, Q. M., Nuraidin, A., Rosip, M. A., & Sulistianto, W. (2019). Komparasi Analisa Sistem Simulasi Vending Machine Automatic Cash Money Dan E-Money Di Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang. JUTIS, 7(1).

Efendi, Y. (2018). Internet of things (IoT) Sistem Pengendalian Lampu Menggunakan raspberry Pi Berbasis mobile. JURNAL ILMIAH ILMU KOMPUTER, 4(2), 21-27. https://doi.org/10.35329/jiik.v4i2.41

Kadir, A. (2013). Panduan Peraktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemrogramannya Menggunakan Arduino. Andi Offset.

Putra, R. P., Agung Pt Raka Agung, I. G., & Rahardjo, P. (2019). Rancang Bangun Vending Machine Menggunakan QR Code Berbasis Mikrokontroller. Jurnal Spektrum, 6(2). https://doi.org/10.24843/SPEKTRUM.2019.v06.i02.p15

Sulistio. (2021, November 16). Mikrokontroler ESP32. UNIVERSITAS RAHARJA. Retrieved November 25, 2022, from https://raharja.ac.id/2021/11/16/mikrokontroler-esp32-3/

Superadmin. (2021, June 4). Sistem Kerja RFID TAG – Teknik Elektro. Teknik Elektro – Teknik Elektro UMY. Retrieved November 25, 2022, from https://elektro.umy.ac.id/sistem-kerja-rfid-tag/

Wijaya, Y. P. (2015). Mesin Penjual Softdrink Otomatis Berbasis ATMega8535. Jurnal Elektro dan Mesin Terapan, 1(2), 29-38. https://doi.org/10.35143/elementer.v1i2.42


Article Metrics

Abstract view : 343 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.