Penerapan Active Learning Pada Pembelajaran Perkalian Bilangan Cacah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPTD SDN 78 Parepare

Yonathan S Pasinggi(1*), Ritha Tuken(2), Zaid Zainal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan di atas maka permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah dengan pendekatan active learning pada perkalian bilangan cacah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV UPTD SDN 78 Parepare?“Apakah dengan pendekatan active learning pada perkalian bilangan cacah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN 78 Parepare?Adapun tujuan yang diharapkan dari peneliti ini adalah Untuk mengetahui pendekatan active learning pada perkalian bilangan cacah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas  IV UPTD SDN 78 Parepare. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada perkalian bilangan cacah dengan menggunakan pendekatan active learning di kelas IV UPTD SDN 78 Parepare Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan penelitian untuk mendeskripsikan aktifitas siswa dan guru dalam pelaksanaan tindakan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) atau yang biasa juga disebut PTK dengan tahapan-tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, obsrvasi, dan refleksi secara berulang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama dua siklus dengan penerapan pendekatan active learning dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa. ketika permasalahan belum terselesaikan dalam satu siklus tersebut, maka dapat dilanjut ke siklus berikutnya

 

 

 

Kata Kunci : Active Learning, Konvensional, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Hartono. 2008. Strategi Pembelajaran Active learning. http://sditalqalam.wordpress.com/2008/01/09/strategi-pembelajaran-active-learning/. (diakses 18 september 2010)

Khalik Abdul. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. UNM

Mel Silberman. 2010. Penggunaan Strategi pembelajaran active untuk meningkatkan hasil belajar. http://ww.docstoc.com/27329782/Penggunaan –Strategi-Pembelajaran-Aktif-Untuk-Meningkatkan-Hasil-Belajar.html (diakses 14 Mei 2010)

Raharjo Marsudi, Astuti Waluyati dan Titik Sutanti. 2009. Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Bilangan Cacah di SD. Departemen pendidikan nasional direktorat jenderal peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidik (PPPPTK) matematika.

Samsul. 2010. Meningkatkan Keterlibatan Siswa Pada Proses Pembelajaran. http://www.unjabisnis.com/2010/07/meningkatkan-keterlibatan-siswa-pada-proses-pembelajaran-melalui-model-pembelajaran-aktif-inovatif-kreatif-efektif-dan-menyenangkan-paikem-di-sekolah-dasar.html. (diakses 1 September 2010)

Tim Pelatihan Ptoyek PGSM. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Yuli Amarani dan Imas Yayah. 2008. Intisari Matematika untuk SD Kelas 4, 5, dan 6. Jawa Barat. CV PUSTAKA SETI


Article Metrics

Abstract view : 61 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.