Profil Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru IPA Universitas Negeri Makassar (UNM)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Peningkatan literasi sains sebagai tujuan utama pendidikan sains saat ini menjadi tantangan pada proses pembelajaran IPA di perguruan tinggi. Mahasiswa calon guru IPA diharapkan memiliki literasi sains yang mumpuni, sehingga dapat melatihkan literasi sains dengan baik kepada peserta didik. Langkah awal dalam mewujudkan hal tersebut yakni mengetahui profil literasi sains mahasiswa calon guru IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan survey kepada 206 mahasiswa angkatan 2018, 2019, 2020. dan 2021 Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNM pada semester genap tahn 2021/2022. Sampel diambil secara purpossive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen literasi sains yang diadaptasi dari soal-soal PISA. Instrumen literasi sains terdiri dari 15 Tema yang mencakup 36 item soal. Instrumen mencakup aspek pengetahuan dan kompetensi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil literasi sains aspek pengetahuan mahasiswa calon guru IPA FMIPA UNM berada pada kategori rendah dengan nilai 40,46, dan profill literasi sains mahasiswa bberdasarkan aspek kompetensi, yaitu: 1) menjelaskan fenomena ilmiah dengan rata-rata nilai 47,57 kategori sedang. 2) menfsirkan data dan bukti secara ilmiah, nilai 45,90 kategori sedang, dan 3) mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah nilai 25,53 kategori rendah.
Kata Kunci: Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru
Full Text:
PDFReferences
Amin, M. 2017. Sadar profesi guru sains, sadar literasi: tantangan guru di abad 21. Prosiding Seminar Nasional III Tahun 2017. http://biologi.fmipa.um.ac.id/wp-content/uploads/2018/07/61.-967-3000-1-PB.pdf
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, A. W. J. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2).
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA ( The Programme For International Student Assesment ): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini ). 04(1), 30–41.
Kemendikbud. 2019. Laporan Hasil Ujian Nasional. https://hasilun.puspendik.kemendikbud.go.id/#2019!smp!capaian_nasional!99&99&999!T&T&T&T&1!&1!&
Merta, I. W., Artayasa, I.P., Kusmiyati, Nur Lestari, dan D. S. (2020). Profil Literasi Sains dan Model Pembelajaran Dapat Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains. J. Pijar MIPA, 15(3), 223–228. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1889
Novaristiana, R. N., et al. 2019. Scientific literacy profile in biological science of high school students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5 (1), 9-16. doi: https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i1.7080
OECD. (2015). Assessment and analytical framework: science. In Reading, Mathematic and Financial Literacy,(Interscience: Paris, 2016).
Nofiana, Mufida & Julianto, Teguh. (2017). Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta didik SMP di Kota Purwokerto Ditinjau dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 1(2), 77. https://doi.org/10.30595/jssh.v1i2.1682.
OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analitical Framework: Mathematics, Reading, Science Problem Solving and Financial Literacy. OECD Publishing
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en
Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Smp Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(1), 24–29. https://doi.org/10.31002/nse.v1i1.173
Purwani, L. D., Sudargo, F., & Surakusumah, W. (2018). Analysis of student’s scientific literacy skills through socioscientific issue’s test on biodiversity topics. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012019
Puspendik Kemendikbud. 2019. Pendidikan di Indonesia: Belajar dari Hasil PISA 2018.
Rahayu, W. D., et al. 2018. The analysis of science literacy knowledge aspects of high school students on the concepts of heat and temperature. International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia, 3, 238-241. http://science.conference.upi.edu/proceeding/index.php/ICMScE/issue/view/3
Wulandari, N., & Sholihin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP pada Materi Kalor. EDUSAINS, VIII (1), 66-73.
Article Metrics
Abstract view : 108 times | PDF view : 4 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.