Pengembangan E-Book Perawatan Wajah
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) model E-Book perawatan wajah yang dikembangkan di Jurusan PKK Fakultas Teknik UNM ; (2) validitas E-Book perawatan wajah yang dikembangkan ; (3) efektivitas penggunaan E-Book perawatan wajah dalam pembelajaran ; (4) respon mahasiswa dalam penggunaan E-Book perawatan wajah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development / R&D) yang dilaksanakan di Jurusan PKK Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang diperkenalkan oleh Thiagarajan. Model pengembangan 4D merupakan kepanjangan dari Define, Design, Development dan Dissemination. Thiagarajan (1974). Langkah-langkah penelitian pengembangannya dimulai dengan Define Pendefinisian), menentukan produk apa yang akan dikembangkan, beserta spesifikasinya. Tahapan ini berupa analisis kebutuhan melalui penelitian dan studi literatur. Selanjutnya Design (perancangan), berupa membuat rancangan terhadap produk yang telah ditetapkan. Selanjutnya Development (pengembangan) dengan membuat rancangan menjadi produk dan menguji validitas produk secara berulang-ulang sampai dihasilkan produk sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan. Terakhir Dissemination (diseminasi) dengan menyebarluaskan produk yang telah teruji untuk dimanfaatkan orang lain.Hasil penelitian menunjukkan: (1) model E-Book perawatan wajah yang dikembangkan dengan sistematika isi E-Book terdiri dari : sampul, halaman awal, kata pengantar, daftar isi, bab 1 Perawatan Wajah (pengertian kulit wajah, mengenali jenis kulit wajah, faktor yang mempengaruhi jenis kulit, diagnosis wajah, perawatan kulit wajah, keluhan pada wajah), Bab 2 s.d Bab 5 terdiri dari alat bahan, teknik perawatan, langkah kerja perawaataan, prosedur kesehatan dan daftar pustaka; (2) E-Book perawataan wajah yang dikembangkan pada mata kuliah perawatan wajah memenuhi validasi ahli. Penilaian ahli media dengan perolehan nilai 78,75 pada kategori Baik dan ahli materi nilai 85,00 pada kategori Baik; (3) E-Book perawatan wajah yang dikembangkan mendapatkan respon positif dari mahasiswa pada uji coba modul dengan nilai 80,09 berada pada kategori baik; (4) Efektivitas penggunaan E-Book sesuai tanggapan mahasiswa terhadap E-Book yang dikembangkan sebesar 78,57 berada pada kategori baik.
Kata Kunci: Pengembangan E-Book Perawatan Wajah
Full Text:
PDFReferences
Arief S. Sadiman, dkk 2011 Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Jakarta: Rajawali Pers, 2012, h.20
Arsyad A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Ega Rima Wati, 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Mahnun, Nunu. 2012. Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Lankah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). UIN Suska. Riau : Jurnal Pemikiran Islam V.37.
Sanaky, H. A. H. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Ivovatif. Yogyakarta : Kaukaba dipantara
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Seamolec. (2016). Buku Digital. Jakarta: Seamolec.
Thiagarajan dkk. 1974. Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Washinton DC : National Center for Improvement Educational System
Article Metrics
Abstract view : 75 times | PDF view : 18 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.