Pembentukan Karakter Wirausaha Berbasis Literasi Kewirausahaan: Studi Kasus pada Mahasiswa Ekonom
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembentukan karakter kewirausahaan melalui literasi kewirausahaan bagi mahasiswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah mahasiswa ekonomi Universitas Negeri Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Teknik validasi data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kewirausahaan mahasiswa tercermin dari pengetahuan kewirausahaan dan keterampilan kewirausahaan mahasiswa dan terbentuknya karakter kewirausahaan mahasiswa melalui literasi kewirausahaan ditandai dengan adanya sikap dan perilaku kewirausahaan.
Kata Kunci: Karakter wirausaha, Literasi kewirausahaan
Full Text:
PDFReferences
Azis, M., Haeruddin, M. I. M., & Azis, F. (2018). Entrepreneurship education and career intention: The perks of being a woman student. Journal of Entrepreneurship Education.
Gaddam, S. (2008). Identifying the relationship between behavioral motives and entrepreneurial intentions: An empirical study based on the perceptions of business management students. The Icfaian Journal of Management Research.
Iriantra, Y. (2009). Literasi Media. Simbiosa Rekatama Media.
Kellner, D., & Share, J. (2005). Toward critical media literacy: Core concepts, debates, organizations, and policy. In Discourse. https://doi.org/10.1080/01596300500200169
Meredith, G. (1992). Kewirausahaan : Teori dan Praktek (P. B. Pessindo (ed.)).
Muchtar, Y., Azis, M., & Rakib, M. (2015). Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal, Intensitas Pendidikan Ekonomi Keluarga, dan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar). Jurnal Economix.
Nuraini, I. (2006). Pengantar Ekonomi Mikro. Aditya Media.
Prabowo, E.P & Indrayaningrum, K. (2015). Membangun Jiwa Wirausaha Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.
Rakib, M. (2010). Pengaruh Model Komunikasi Wirausaha, Pembelajaran Wirausaha, dan Sikap Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Kecil. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Rusdiana, H. . (2014). Kewirausahaan Teori dan Praktik. CV. Pustaka Setia.
Soemanto, W. (2002). Sekucup Ide Operasional Pendidikan Wiraswasta. Bumi Aksara.
Suryana. (2019). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Journal of Chemical Information and Modeling.
Syahruddin, N. C., Azis, M., & Inanna, I. (2018). Hubungan pendidikan kewirausahaan dan minat berwirausaha terhadap sikap kewirausahaan mahasiswa fakultas ekonomi universitas negeri makassar. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i2.7258
Syam, A., & Sudarmi, S. (2019). Analysis of Student Entrepreneurship decision making in the Learning Prerspective. Jurnal Ad’ministrare. https://doi.org/10.26858/ja.v6i1.9707
Wijaya, T. (2008). Kajian Model Empiris Perilaku Berwirausaha UKM DIY dan Jawa Tengah (Empirical Model Study of Entrepreneurship Behavior of SMEs DIY and Central Java). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship).
Zimmerer, W. . (2002). Esential of Entrepreneurship and Small Business Management (Third Edit). Prenticell-Hall.
Article Metrics
Abstract view : 119 times | PDF view : 219 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.