Analisis Model Pembelajaran Bahasa Secara Integratif-Kritis (In-Kri)

Jufri Jufri(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini  adalah menghasilkan   model pembelajaran bahasa yang dinalisis  berdasarkan filosofi  Inkri (integratif-Kritis).  Secara khusus untuk mengeksplanasi  hasil tahap inkuiri dan dicavery,  tahap diskusi, menyusun konsep,  validasi isi dan prosedur,  tahap Uji Lapangan (simulasi), tahap publikasi (artikel, HaKI, Prosiding) terhadap model pembelajaran bahasa secara In-Kri. Desain penelitian adalah penelitian pengembangan dengan  model Four-D Thiagarajan. Proses pengembangan terdiri atas empat tahapan, yakn: langkah pendefinisan (define), langkah perangcangan (design), langkah pengembangan (develop), dan langkah penyebarluasan (dessiminate).   Hasil menelitian menunjukkan 7 teori dan 13 pendekatan (asumsi) yang dibutuhkan sampel. Di samping itu, juga mengembangkan  27 metode dan 57 strategi serta 40 model pembelajaran bahasa. Hasil validasi terhadap teori, pendekatan, metode, dan strategi dikategorikan layak oleh validator.  Hasil uji lapangan menunjukkan efektif dengan nilai rerata 09.20 (kategori A-). Di samping itu, menghasilkan artikel internasional dan HaKI, prosiding dan buku referen tentang pembelajaran bahasa. Diharpakan peneliti selanjutnya mengembangkan suatu model dengan teori fungsional dan teori Kritis

 

Kata Kunci: Model, Pembelajaran Bahasa, Integratif, Kritis

Full Text:

PDF

References


A., Effendi, M. H. 2020. Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1 (2), 102-111.

Djiwandono, Soenardi. 2007. Tes Bahasa: Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: Indeks.

Hamsiah, H. Tang, M.R., Tolla, A., & Jufri, J. 2017. Teaching Materials development for basic general course of Indonesian language class Based on cultural values Elompungi (Elong) Bugis Literature. Journal of Language Teaching and Research, 8(2), 278-285.

Harsiati, Titik. 2012. “Kajian Teoritis terhadap Penerapan Bahan Ajar Aflaton sebagai Bahan Ajar Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar.” Jurnal Sekolah Dasar, 21 (I): 9--24.

Ikbal Muhammad, Nursalim. 2019. Strategi Pengajaran Bahasa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 5, No (1) Mei 2019.

Jufri, J. 2007. Metode Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya. Diakses Google Scholar pada tanggal 26 Februari 2020. Badan Penerbit UNM.

Jufri, J. 2017. Strategi Pembelajaran Bahasa. Diakses Google Scholar pada tanggal 26 Februari 2020. Badan Penerbit UNM.

Jufri. 2020. Pengembangan Model Bahan Ajar (Diktat). LP2M UNM. Makassar.

Jufri. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran dan Model Bahan Ajar dalam Mata Kuliah Strategoi Pembelajaran Bahasa di Perguruan Tinggi Berbasis Linguistik Kritis. LP2M UNM. Makassar

Mareva, R. Nyota, S. 2021. Structural or communicative approach: A case study of English Language Teaching in Masvingo Urban and Peri-Urban Secondary Schools. Internal Journal of English and Literature, 3(5), 103-111.

Nana Sudjana. 1990. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya Offset.

Niu, X., Zhou, G. 2015. Approaches To Languange Teaching and Learning. Journal of Language Teaching and Research, 6 (4), 798-802. Rukmana, R.

Nurdin. 2007. “Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar”. Disertasi. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.

Sa’idah, H. 2019. Pendekatan Behavior Dengan Teknik Token Economy Untuk Mereduksi Perilaku Blindism Pada Siswa Tunanetra di SLB-A PRPCN Palembang. Skripsi. Uin Raden Fatah Palembang

Tang,M.R., Jufri,J. & Sultan, S. 2016. Pengembangan Model Bahan Ajar Ceritra Fiksi Berbasis Wacana Budaya di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 22(2), 169-175.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: webseit.

Y.Yusri, R. Mantasia, J.Jufri. 2018. The Use Of Two Stay Two Stray Model in Englisc Teaching to Increase Student’s Learning Outcame. Journal Of Advanced Englisch Studies. Diakses Google Scholar pada tanggal 26 Februari 2020.


Article Metrics

Abstract view : 56 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.