Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah Pembelajaran Vokasi Keteknikan

Purnamawati Purnamawati(1), Muhammad Akil(2*), Nuridayanti Nuridayanti(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Perangkat pembelajaran sebagai bagian dari standar proses pendidikan tinggi yang sangat urgen untuk dikembangkan demi pencapaian kompetensi lulusan program studi. Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui tahapan pengembangan perangkat pembelajaran Matakuliah pembelajaran vokasi keteknikan pada Program Studi PVKT (S3) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, (b) mengetahui pengembangan perangkat pembelajaran Matakuliah pembelajaran vokasi keteknikan Program Studi PVKT (S3) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif, dan (c) mengetahui respon mahasiswa terhadap pengembangan perangkat pembelajaran Matakuliah pembelajaran vokasi keteknikan pada Program Studi PVKT  (S3) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan yang akan digunakan diadaptasi dari model pengembangan ADDIE, dimana tahapannya mengikuti model ADDIE dan langkah desain perangkat pembelajaran. Hasil pengujian perangkat pembelajaran dalam bentuk angket yang tersebar pada responden didapatkan bahwa seluruh item instrument dinyatakan valid dengan nilai yang sangat tinggi yaitu diatas 0,9 pada aspek format dan Bahasa, sedangkan pada aspek isi didapatkan nilai rata-rata diatas 0,7 dengan nilai p<0,001. Hasil uji reliabilitas pada semua butir instrument memiliki nilai estimasi sebesar 0,923 dan 0,924 baik pada pengujian menggunakan Alpha Cronbach maupun McDonald Omega, Nilai estimasi tersebut sangat tinggi karena lebih besar dari 0,9 dengan kategori reliabilitas sempurna.

 

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Addie, R&D

Full Text:

PDF

References


Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Benny A., P. (2014). Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi : implementasi model Addie. Jakarta : Prenadamedia Group.

Direja, A. C. (2017). Studi Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI Pada Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia. Jurnal Educational Technology, Edutech, 16(2), 217–249.

Jono, A. A. (2016). Studi Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di LPTK Se-Kota Bengkulu. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 5(1), 57–68.

Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015, 59 (2015). http://jdih.ristekdikti.go.id/?q=perundangan/konten/11343

Rosiani, Dewi et al. (2014). Pengembangan Model Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Mengembangkan Pembelajaran Berbasis Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah Dan Kepengawasan, 1(2), 69–79.

Wirawan, A. W., Indrawati, C. D. S., & Rahmanto, A. N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Kearsipan Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 3 Surakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(1), 78. https://doi.org/10.21831/jpv.v7i1.12879


Article Metrics

Abstract view : 65 times | PDF view : 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.