Pengaruh SMP Virtual terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika

Nasrullah Nasrullah(1*), Baharman Baharman(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh penggunaan Sistem Manajemen Pembelajaran (SMP) virtual, yaitu schoology, terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah satu kelompok siswa kelas VII SMPN 1 Makassar sebanyak 30 orang yang dilibatkan dalam suatu penelitian pra-eksperimen dengan desain tes sebelum dan sesudah. Selanjutnya instrumen kemampuan penalaran dan
komunikasi digunakan untuk mengukur pengaruh penerapan SMP Virtual dalam kegiatan pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor kemampuan penalaran dan komunikasi siswa mencapai rata-rata sebesar 78,74 (maks = 95) dengan standar deviasi 8,95, dan ketuntasan secara klasikal mencapai 85%. Selain itu, kontribusi lain yang diperoleh adalah adanya perubahan positif terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi dengan skor rata-rata gain sebesar 0,79 dan
termasuk kategori tinggi. Dengan kata lain, SMP virtual memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika.

Kata kunci: SMP Virtual, Kemampuan Penalaran dan Komunikasi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 133 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.