Efektivitas Pendidikan dan Pelatihan Membordir di BLKI Makassar

Rika Riwayani(1*), Irmawati Irmawati(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pendidikan dan pelatihan di BLKI Makassar serta efektivitas pendidikan dan pelatihan membordir di BLKI Makassar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan angket. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang mengikuti pelatihan khusus bidang kejuruan bordir yaitu sebanyak 16 orang dan instruktur 1 orang, sedangkan objek penelitiannya adalah efektivitas pendidikan dan pelatihan di BLKI Makassar. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa gambaran pelaksanaan pendidikan dan pelatihan di BLKI Makassar sangat efektif dilihat pada proses pelaksanaanya, dengan menggunakan pengukuran skala likert yang mengacu pada unsur-unsur yang terdapat dalam suatu pelatihan seperti peserta, pelatih/instruktur, lamanya latihan, materi (bahan latihan), metode pelatihan, serta media pelatihan. Sedangkan untuk tingkat efektivitas pendidikan dan pelatihan membordir di BLKI Makassar dapat dikatakan efektif. Sesuai dengan tanggapan responden yang dianalisis berdasarkan rumus persentase dengan skor yang diperoleh sebesar 79,45% kemudian diukur dengan menggunakan pengukuran skala likert berada pada interval 76%-100% dengan pengkategorian sangat efektif. Selama proses pelatihan, mereka mengalami banyak perubahan, meliputi peningkatan pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor dan telah berhasil mencapai tujuannya, sehingga nantinya
lulusan BLKI Makassar telah berkompeten dan memiliki daya saing di dunia kerja.

Kata kunci: Efektivitas, Pendidikan dan Pelatihan, Bordir, BLKI Makassar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 117 times | PDF view : 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.