Pengembangan Instrumen Soal Berbasis Literasi Sains dan Kearifan Lokal pada Siswa Sekolah Menengah Atas
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Pancasakti Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan instrumen fisika berbasis literasi sains dan kearifan lokal yang valid dan reliable. Topik yang menjadi kajian literasi sains adalah kalor dan perpindahan kalor. Fokus kearifan lokal yang dipilih berupa makanan khas Makassar yaitu coto Makassar, Konro, dan Pallubasa. Desain Pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek ujicoba sebanyak 30 orang peserta didik yang memiliki literasi sains yang rendah dengan menggunakan instrumen PISA. Instrumen soal sebelum di ujicoba, dapat dianalisis validitas dan reliabilitasnya.Hasil validitas dengan menggunakan validitas butir soal dan reliabilitas dihitung menggunakan rumus Kuder Richardson 20 (KR-20). Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas instrumen soal fisika berbasis literasi sains dan kearifan lokal diperoleh 20 butir soal yang valid dengan tingkat reliabilitas 0,820 (reliabilitas tinggi). Kemampuan literasi sains peserta didik kelas XI SMA Negeri 10 Makassar berada pada kategori cukup.
Kata Kunci: Desain ADDIE , Instrumen Tes, Kearifan Lokal, Literasi Sains
Full Text:
PDFReferences
Ani Susilowati (2018), Asesmen Literasi Sains. Prosiding Seminar Fisika Universitas Riau. ISBN: I978-979-792-691-5
Arsyam (2021). Literasi Sains Peserta Didik SMA. Tesis. UNM: Makassar
Martawijaya, M.A. 2014. Model Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter dan Ketuntasan Belajar Peserta Didik SMP di Barrang Lompo. Desertasi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Nur Chasanah, dkk (2022). Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Sains untuk Mendeskripsikan Profil Peserta Didik. Journal of Science Education. ISSN 2086-9363: 6(2) 474-483
OECD. (2016). PISA 2015 Results in Focus. Paris: OECD.
OECD. (2018). PISA 2015 draft frameworks. PISA, OECD Publishing, Paris.
Puspendik (2019). Panduan Penilaian Kinerja: Jakarta
Rahmadiyah.K.P, dkk (2020). Pengembangan Instrumen Tes Literasi pada Topik Keanekaragaman Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. Hal 71-78. e-ISSN 2598-9669
Riduwan (2014). Metode dan Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Article Metrics
Abstract view : 168 times | PDF view : 17 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.