Kriptografi Menggunakan Aplikasi Blowfish Advanced CS pada Sistem Keamanan Data Komputer

Tasri Ponta(1*), Sutarsi Suhaeb(2), Sabran Sabran(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Dalam kriptografi, data atau pesan yang dikirimkan melalui jaringan akan disamarkan sedemikian rupa. Dalam bidang kriptografi terdapat dua konsep yang sangat penting atau utama yaitu enkripsi dan dekripsi. Sebuah pesan atau data yang masih asli dan belum mengalami penyandian dikenal dengan istilah plaintext. Kemudian setelah disamarkan dengan suatu cara penyandian, maka plaintext ini disebut sebagai chipertext. Proses penyamaran dari plaintext ke ciphertext disebut enkripsi (encryption), dan proses pengembalian dari ciphertext menjadi plaintext kembali disebut dekripsi (decryption). Dalam hal ini file yang dapat di enkripsi adalah file dokumen berupa teks, file citra berupa gambar, serta file audio dan file video dalam format digital. Pada pesan teks, isi file dokumen, atau file dokumen dalam menjaga kerahasiaan informasi datanya memerlukan teknik-teknik enkripsi dan dekripsi yang tidak mudah atau sukar untuk dipecahkan. Proses pengamanan pada pesan teks, isi file dokumen, atau file dokumen dapat dilakukan dengan mengenkripsi pesan teks, isi file dokumen, atau file.  Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Bagaimana langkah-langkah menggunakan menggunakan aplikasi blowfish advanced cs dan kriptografi pengamanan data pada pesan teks, file, dan dokumen menggunakan menggunakan aplikasi blowfish advanced cs. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yaitu jenis penelitian kualitatif. Dengan studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui tata cara dalam mengimplementasi kriptografi pengamanan data pada pesan teks, file, dan dokumen menggunakan menggunakan aplikasi blowfish advanced cs. Sistem keamanan yang menggunakan aplikasi Blowfish Advance CS pada pesan teks, file, dan dokumen yang meliputi proses enkripsi, deskripsi dan contoh simulasi data dengan menggunakan aplikasi Blowfish advance CS tersebut. Dengan enkripsi, data kita disandikan (encrypted) dengan menggunakan sebuah kunci(key). Untuk membuka (decript) data tersebut digunakan juga sebuah kunci yang sama dengan kunci mengenkripsi tadi atau yang sering disebut dengan private key kriptographi.

 

Kata Kunci: Kriftografi, Data, Blowfish advance CS

Full Text:

PDF

References


C. Haldankar, and S. Kuwelkar, “Implementation of AED and blowfish algorithm,” International Journal of Research in Engineering and Technology, vol. 3, pp. 143-147, May 2014.

Trisnawati, Sistem Keamanan Menggunakan Algoritma Blowfish Advance CS pada File dan Folder Data, Universitas Sriwijaya, 2008.

J. Marcel. T, “Studi perbandingan chiper blok algoritma blowfish dan algoritma camellia,” unpublished.

Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2017 ISBN. 978-602-73403-2-9 (CETAK), 978-602-73403-3-6 (ON-LINE) .


Article Metrics

Abstract view : 51 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.