Keberhasilan Usaha UMKM Kuliner

Agus Syam(1*), Muhammad Jufri(2), Asmayanti Asmayanti(3), Sudarmi Sudarmi(4), Mahmuddin Mahmuddin(5), Herni Herni(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan, apakah faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha UMKM Bidang Kuliner di Kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 45 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi dan angket. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik infrensial yang pengolahannya menggunakan software SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha UMKM Bidang Kuliner di Kabupaten Sidenreng Rappang adalah; (1) Karakteristik wirausaha, dengan nilai koefisien β sebesar 0,338; dan (2) kompetensi wirausaha dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,624.

 

Kata Kunci: Keberhasilan, UMKM, Kuliner

Full Text:

PDF

References


Asmayanti et al. 2022. “WhatsApp Business Application as a Digital Marketing Strategy of UMKM.” Proceedings of the International Conference on Social, Economics, Business, and Education (ICSEBE 2021) 205(Icsebe 2021): 112–16.

Attahir.1995.Critical Success Factor for Small Business: Perceptions of South Entrepreneurs. Journal of Small Business Management,68-73

Ayodya, Wulan. 2016. Boga untuk SMK: Mengolah Ikan. Jakarta: Penerbit Erlangga

Casson M, Yeung B, Basu A, Wadeson N. 2006.The Oxford Handbook of Entrepreneurship.New York(US): Oxford University Press.

Eddy Soeryanto Soegoto, 2009, Enterpreneurship,Edisi Pertama, Jakarta : PT. Elek Media Komputindo

Gunawan, P. Ayu Suci Lestari dan. 2020. “The Impact of Covid-19 Pandemic on Learning Implementation of Primary and Secondary School Levels.” 1(2): 58–63.

Hidayatullah, Syarif, Abdul Waris, and Riezky Chris Devianti. 2018. “Perilaku Generasi Milenial Dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food.” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 6(2): 240–49.

Lee, H., Lee, J., Shim, K., and Lee, H. 2016. Entrepreneurial characteristics: A systematic literature review. PACIS 2016 Proceedings

Rakib, Muhammad, Agus Syam, Marhawati Marhawati, and Hajar Dewantara. 2020. “Pelatihan Merancang Bisnis Online Di Masa Pandemi Bagi Mahasiswa.” Dedikasi 22(2).

Rusdiana, H. A. 2018. “Kewirausahaan Teori Dan Praktik.” Journal for Research in Mathematics Learning 2(4): 369.

Rutter, Sophie et al. 2020. “Effectiveness and Efficiency of Persuasive Space Graphics (PSG) in Motivating UK Primary School Children’s Hand Hygiene.” International Journal of Environmental Research and Public Health 17(7): 2351. http://eprints.leedsbeckett.ac.uk/6658/.

Sari, Kurnia. 2016. “Analisis Financial Distress Pada Perusahaan Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Ilmiah Research Sains. Vol.2 No.2:67-82

Suryana, 2006. Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses, Edisi Ketiga, Penerbit Salemba, Jakarta

Spencer, Lyle & Signe M. Spencer. 1993. Competence at Work, Models For Superior Performance. Canada : John Wiley & Sons, Inc

Syafiuddin, Jahi A. 2007. Hubungan Karakteristik Individu dengan Kompetensi Wirausaha Petani Rumput Laut di Sulawesi Selatan. Jurnal Penyuluhan. 3(1):35-44

Wickham PA. 2004. Strategic Entrepreneurship 3th Ed. Essex (GB): Pearson Education Limited.

Yani, Irta, Muhammad Rakib, and Agus Syam. 2020. “Pengaruh Literasi Kewirausahaan Dan Karakter Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil.” Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies 1(2): 65.

Zulfadil. 2006. Manajemen Strategik, Intrapreneurship dan Kinerja: Survei pada Koperasi Sekunder KP-RI. Manajemen Usahawan Indonesia, No. 09, TH. XXXV, September


Article Metrics

Abstract view : 191 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.