Metafora Dalam Penciptaan Identitas Visual Universitas Negeri Makassar

Nurabdiansyah Nurabdiansyah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Metafora adalah pemindahan makna suatu entitas menjadi bentuk yang lain tanpa meninggalkan makna aslinya. Metafora umum ditemukan dalam penciptaan identitas visual yang terinpirasi dari objek tertentu. Penelitian ini menguraikan proses pemindahan makna dalam penciptaan identitas visual di Universitas Negeri Makassar (UNM), dengan Menara Pinisi sebagai ikonnya. Menara Pinisi juga  menjadi landmark Makassar, terletak di jalan Andi Pangeran Pettarani. Sebagai ikon, Menara Pinisi menjadi inspirasi dalam penciptaan identitas visual UNM. Penelitian ini mengurai proses metafora dalam penciptaan beberapa identitas visual UNM. Rumusan metafora dalam penciptaan identitas visual yang terinspirasi dari Menara Pinisi bertujuan untuk menjaga konsistensi makna Menara Pinisi dalam beragam representasi visual identitas yang mewakili UNM.  Metafora dalam proses penciptaan identitas visual diawali dengan melakukan pengamatan mendalam terhadap Menara Pinisi beserta simbol-simbol yang menyertainya kemudian melakukan pemindahan makna Menara pinisi kedalam identitas visual mengadaptasi proses stilasi (penggayaan) dan abstraksi. Hasil penciptaan kemudian disandingkan dengan teori representasi dan persepsi visual dari Lawson, semiotika desain komunikasi visual dari Pierce, teori ikonografi/ikonologi dari Panofsky dan teori visual framing dari Goffman. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metafora dalam proses penciptaan identitas visual yang mewakili UNM adalah perwujudan teori ikon dalam semiotika, diinterpretasikan secara ikonologis dan menjadi representasi ideologis dari UNM

 

Kata Kunci: Metafora; Menara Pinisi; Semiotika; Identitas Visual; ikon

Full Text:

PDF

References


Atkin, A. (2005). Peirce on the Index and Indexical Reference. Transactions of The Charles S Peirce Society. https://www.academia.edu/5371328/Peirce_on_the_Index_and_Indexical_Reference

Basin, E. (1974). Symbol, Image, Art (On the Semiotic Concept of Charles Peirce). Soviet Studies in Literature, 10(4), 34–60. https://doi.org/10.2753/RSL1061-1975100434

Erwin Panofsky: The Icon as Logos. (1980). Visual Resources, 1(2–3), 123–126. https://doi.org/10.1080/01973762.1980.9659030

Jeong, S. (2008). Visual Metaphor in Advertising: Is the Persuasive Effect Attributable to Visual Argumentation or Metaphorical Rhetoric? Journal of Marketing Communications, 14(1), 59–73. https://doi.org/10.1080/14697010701717488

Lawson, B. (1990). How Designers Think: The Design Process Demystified (second edition). January 2006.

Manusia, P., Tanda, T., & Spasial, S. D. A. N. (n.d.). Persepsi manusia terhadap tanda,simbol dan spasial.

Respati, A., & Islam, M. A. (2022). OTENTISITAS DAN VERNAKULARISME: ULASAN SEMIOTIK IDENTITAS VISUAL SOTO SEDARI. BARIK, 3(3), 59–73.

Rodriguez, L., & Dimitrova, D. V. (2011). The levels of visual framing. Journal of Visual Literacy, 30(1), 48–65. https://doi.org/10.1080/23796529.2011.11674684

Salam, S., sukarman, S., & Artistik UNM, T. I. M. (2016). MENARA PINISI SANG PENANDA KOTA. Universitas Negeri Makassar. http://eprints.unm.ac.id/17899/

Sumbo Tinarbuko, . (2003). Semiotika Analisis Tanda Pada Karya Desain Komunikasi Visual. Nirmana, 5(1), 31–47.

Tinarbuko, S. (2004). SEMIOTIKA ANALISIS TANDA PADA KARYA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL. Nirmana, 5


Article Metrics

Abstract view : 116 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.