Analisis Eror pada Kalimat Compound-Complex Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Negeri Makassar

Mardiyanah Nasta(1*), Sahril Sahril(2), Muh. Hasbi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Eror pada penggunaan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris, adalah hal yang tidak mungkin tidak terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan eror pada kalimat compound-complex yang ditulis oleh mahasiswa Sastra Inggris tahun pertama FBS UNM. Design penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Jumlah responden sebanyak 60 mahasiswa yang dipilih secara acak dari 5 kelas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes menulis dimana setiap responden diminta menulis 2 kalimat compound-complex dengan topik yang telah ditentukan oleh peneliti. Dari data yang terkumpul peneliti melakukan klasifikasi dan mendeskripsikan eror yang ditemukan pada data. Temuan dari penelitian ini adalah substance error dengan persentase 84%, lexical error sebesar 18%, grammar error 35% sebesar 35%, dan syntax error dengan persentase 37%. Dari semua kategori, punctuation (45%), capitalization (37%), tense (18%), subject-verb agreement (13%), clause error (13%), dan intersentence error (13%) adalah enam eror dengan persentase yang tinggi. Omission dan addition adalah dua bentuk eror yang paling banyak ditemukan dari 6 kateogri di atas. Dari hasil penelitian ini terlihat bahwa responden masih banyak melakukan eror pada kategori dasar seperti tanda baca, huruf kapital dan tense. Diharapkan temuan ini dapat membantu pengajar dalam menyusun perangkat ajar yang dapat meningkatkan keterampilan menulis siswanya

 

Kata Kunci: Analisis Eror, Eror, Keterampilan Menulis, Kalimat, Compound-Complex

Full Text:

PDF

References


Andrian. (2015). An Error Analysis of EFL Students’ Writing. English Education Journal (EEJ), 6(4), 511-523

WRITINGBest, James W and Khan, James.V. (2006). Research in Education: Tenth edition, Boston: Pearson Education, Inc.

Dulay, H. C., Burt, M.K., & Krashen, S.D. (1982). Language two. New York: Oxford University Press.

Evi, A.S., Gustiani, S., Yusri, & Simanjuntak, T. (2022). An Error Analysis of English Sentence Construction in Writing Subject. Proceeding of the 5th FIRST T3 2021 International Conference. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220202.004

Hengwichitkul, L. (2006). An analysis of errors in English abstracts translated by Thai university graduate students. (Unpublished master’s thesis). Srinakharinwirot University, Bangkok, Thailand.

Kharmilah, P. & Narius, D. (2019) Error Analysis in Writing Discussion text made by Students at English Department of Universitas Negeri Padang. Journal of English Language Teaching, 8(3).

James, C. (1998). Errors in language learning and use: Exploring error analysis. New York: Routledge.

Jacobs, M. (2019). English Grammar Rules 101: 10 Essential Rules to Improve Your Writing, Speaking and Literature Skills for Students and Beginners. UK: Independently publisher (Jacobs, Melony).

Porte, Graeme K. (2002). Appraising Research in Second Language Teaching and Learning: Approach to critical Analysis of Quantitative Research. Amsterdam: John Benjamin Publishing

Rattanadilok Na Phuket, P., & Othman, N. B. (2015). Understanding EFL students’ errors in writing. Journal of Education and Practice, 6(32), 99-106.

Savage, A. & Mayer P. (2012). Effective Academic Writing. UK: Oxford University Press.

Torres-Gouzerh, R. (2016). Intermediate English Grammar for ESL Learners. UK: McGraw-Hill Education. Long, Elizabeth C. 2007. College Writing Resources with Reading. US: Pearson Education Inc.

Watcharapunyawong, S., & Usaha, S. (2013). Thai EFL students’ writing errors in different text types: The interference of the first language. English Language Teaching, 6(1), 67-78. http://dx.doi.org/10.5539/elt.v6n1p67

Sermsook, K., Liamnimitr, J., & Pochakorn, R. (2017). An Analysis of Errors in Written English Sentences: A Case Study of Thai EFL Students. English Language Teaching, 10(3).

Sundari, D., Hidayah, J., Edy, S., & Esmianti, F. (2021). Error Analysis of English Sentence Structure in Students’ Written Paragraphs. ENGLISHFRANCA: Academic Journal of English Language and Education, 5(1).


Article Metrics

Abstract view : 107 times | PDF view : 125 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.