Pengembangan Video Pembelajaran Batik untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain

Hasnawati Hasnawati(1*), Aulia Evawani Nurdin(2), Andi Baetal Mukaddas(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran kriya batik untuk mahasiswa di Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan atau research and development, yaitu mengembangkan video pembelajaran kriya batik. Model penelitian pengembangan yang diterapkan adalah model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Adapun Langkah-langkah penelitian pengembangan model 4D adalah define, design, development, dan disseminate. Dalam penelitian ini hanya dilakukan 3 langkah, yaitu define (menganalisis kebutuhan mahasiswa), design (merancang pembelajaran), dan development (mengembangkan video pembelajaran batik). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan video pembelajaran batik yang dapat digunakan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video pembelajaran batik yang telah dikembangkan dimulai dari: (1) tahap define atau analisis kebutuhan meliputi studi pustaka dan studi lapangan, (2) tahap design  yaitu pengembangan strategi pembelajaran dalam bentuk Rencana Pembelajaran Semester (RPS), (3) tahap development yaitu tahap mengembangkan video pembelajaran kriya batik yang meliputi pembuatan storyboard, mengumpulkan ilustrasi terkait dengan pola batik, teknik pembuatan karya batik, macam-macam karya batik, alat dan bahan yang digunakan dalam membuat karya batik, serta proses pembuatan karya batik. Video pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Setelah dilakukan proses validasi, maka dilakukan revisi berdasarkan saran dari ahli materi dan ahli media, selanjutnya video pembelajaran batik yang dikembangkan dinyatakan valid dan dapat digunakan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

 

Kata Kunci: Video Pembelajaran, Karya Batik

Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad. (2003). Media pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Gerlach,V. S. dan Ely, D. P. (1980). Teaching & media a systematic approach (2nd ed). Englewood Cliffs: Prentice-Hall Inc.

Husain, A. Mattaropura. 1992. Pengembangan Mata Kuliah Kerajinan Batik Pada Jurusan Seni Rupa FPBS IKIP Ujung Pandang. Pinisi Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, Volume I No. 2 Februari 1992, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP Ujung Pandang. Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang.

Musfiqon, HM. 2012. Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Sadirman, Arief S. dkk. 2003. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Salam, Sofyan. 2000. Seni Rupa Mimesis dan Modern/Kontemporer di Sulawesi Selatan:Dewan Sulawesi Selatan

Sewan Soesanto S..1984. Seni dan Teknologi Kerajinan Batik, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia

Ryana, Cheppy. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AIUPI

Yusufhadi Miarso, dkk. (1994). Definisi teknologi pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 75 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.