Penguatan Pendidikan Karakter Mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Farida Febriati(1*), Nurhikmah H(2), Merissa Monoarfa(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Kegiatan outbound dapat menyebabkan perubahan karakter pada diri individu. Kegiatan outbound efektif dalam membangun pemahaman terhadap suatu konsep dan menguatkan karakter individu berupa penguatan karakter tanggung jawab, kerja sama dan peduli sosial. Dengan karakter yang kuat, perbuatan baik dapat terjadi karena bukan adanya paksaan dari pihak luar melainkan adanya dorongan dari dalam diri setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan penguatan pendidikan karakter mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar sebelum dan setelah pemberian outbound dan untuk mengetahui pengaruh metode outbound terhadap penguatan pendidikan karakter mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, pre-experimental dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian ini adalah metode outbound efektif untuk Penguatan Pendidikan Karakter mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

 

Kata Kunci: Karakter, Mahasiswa, Outbound, Penguatan


Full Text:

PDF

References


Agustang, A. D. M. P., & Nur, H. 2020. Konflik Mahasiswa Parang Tambung Universitas Negeri Makassar. Phinisi Integration Review, 3(1), 46-54.

Ansori, A. R. 2021. Asa APBN Menggapai Indonesia Maju 2045. Penerbit Binsar Hiras.

Buchori, S., Ibrahim, M. & Saman, A. 2016. Pengaruh character education training melalui outbound training untuk peningkatan kejujuran dan integritas. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 2(1), 12-19.

Diana, D., & Fatah, M. A. 2020. Pengembangan Karakter Diri Melalui Kegiatan Outbound Pada Santri Rumah Tahfidz Nur Fadhillah. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(1), 25-31.

FIP UNM. 2021. Buku Panduan Operasional Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Hariyani, Y. 2019. Pengembangan Pendidikan Karakter di UPTD SDN Pejagan 9 Bangkalan. In National Conference on Mathematics, Science and Education (NACOMSE), 2 (1), 69-74.

Kemendikbud. 2017. Konsep dan Pedoman Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Sriwilujeng, D. 2017. Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Yaumi, M. 2018. Pendidikan karakter: landasan, pilar & implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.


Article Metrics

Abstract view : 84 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.