Proses Pembelajaran Daring Mata Kuliah Media Pembelajaran Kejuruan di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Zulhaji Zulhaji(1*), Darmawang Darmawang(2), Jumadin Jumadin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pelaksanaan proses pembelajaran pada masa pandemic dan new normal dilakukan secara daring tidak terkecuali pada Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Kejuruan di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNM. Dari jumlah mahasiswa sebanyak 336 orang sedangkan yang memprogramkan mata kuliah Media Pembelajaran Kejuruan Semester genap 2021/2022  sebanyak 42 orang. Dalam penelitian ini menggunakan Variabel proses pembelajaran daring yang dilihat berdasarkan apek kegiatan pembuka, kegiatan inti, kegiatan penutup, dan keaktifan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran daring. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Pelaksanaan pembelajaran daring pada seluruh aspek proses pembelajaran nilai baik pada persentase 100%, berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa dosen telah melaksanakan pembelajaran daring dengan baik. Berdasarkan hasil analisis statistik keaktifan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran daring berada pada kategori tinggi dengan nilai 86%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Kejuruan FT UNM telah terlaksana dengan baik.

 

Kata Kunci: Proses Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Adhe, K. R. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1).

Apriliah, Dita. 2021. Implementasi Media Pembelajaran Daring Pelajaran Tematik Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimah, Dewi. 2021. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi: Jambi

Hadisi, L., & Muna, W. 2015. Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 117–140.

Iskandar, Syamsu. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: In Media.

Jaelani, A., Fauzi, H., Aisah, H., & Zaqiyah, Q. Y. 2020. Penggunaan Media Online dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Pai Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 12.

Kristina, Marilin dkk. 2020. Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Provinsi Lampung. Jurnal Idarah . Vol 04.No 2. 200-209.

Kurniawan, Rizky Gilang. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Banyumas: Lutfi Gilang.

Mulyasa. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Putria, Hilna., Hamdani Maula, Luthfi & Azwar Uswatun, Din. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 Pada Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4, 861-872.

Rahmawati, D. S. 2009. Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Internet Pada Mahasiswa PJJ S1 PGSD Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang: Semarang

Rahmawati, Novi Rosita., Rosida, Fatimatul., Kholidin, Farid Imam. 2020. Analisis Pembelajaran Daring Pada Saat Pandemi di MADRASAH IBTIDAIYAH. Journal of Primary Education. 1(2), 139-148

Riyana, C. 2019. Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka.

Shaleh, A. R. 2009. Hubungan antara kualitas jasa dengan kepuasan pelanggan pada perusahaan Happy Tailor.

Sari, P. 2015. Memotivasi Belajar dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Quro. 6(2), 20–35.

Siregar, Sofyan. 2013. Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kecana

Sudjana, 2004. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suyono, Hariyanto. 2016. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. PT Remaja Rosdakarya.

Syarifudin, A. S. 2020. Impelementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34.

Warsita. 2007. ”Peranan TIK Dalam penyelenggaraan PJJ”. Jurnal Teknodik. (20) 9–41.


Article Metrics

Abstract view : 67 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.