Pengembangan Penggunaan Media Pembelajaran Tutorial pada Mata Pelajaran Graphic Design di SMK Negeri 2 Gowa

Dian Hardianti Eka Lestari(1*), Yasser Abd. Djawad(2), Abdul Muis Mappalotteng(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini: mengembangkan media pembelajaran tutorial pada mata pelajaran Graphic Design pada siswa yang mengikuti pembelajaran tutorial, mengetahui  kepraktisan dan keefektifan dari media pembelajaran tutorial yang telah dihasilkan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADPE yang terdiri dari empat tahapan yaitu: analisis, desain,pengembangan danevaluasi. Model  ini merupakan hasil modifikasi ADDIE dan Borg&Gall. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan cara mendeskripsikan data yang telah terkumpul dari hasil pengembangan, penilaian validator dan hasil pengamatan melalui instrumen. Data instrumen diperoleh dari hasil uji coba produk yang terbagi dalam tiga kategori, uji coba one to one dengan subjek sebanyak tiga orang merupakan tahap pertama. Hasil revisi berdasarkan data analisis ujicoba tahap pertama  selanjutnya dilakukan ujicoba kelompok kecil dengan subjek sebanyak sepuluh orang. Ujicoba terakhir adalah uji coba diperluas yang melibatkan subjek penelitian sebanyak dua puluh lima orang untuk mendapatkan data akhir dari penelitan terhadap media hasil pengembangan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Berdasarkan hasil validasi ahli dengan rerata presentase 100% menunjukan hasil pengembangan media pembelajaran tutorial di SMK berada pada kategori sangat valid, hasil analisis respon gururerata presentase 94,44% dan peserta didik dengan rerata presentase 84,18% menunjukkan  pengembangan media pembelajaran tutorial pada mata pelajaran Graphic Design berada pada kategori praktis digunakan, sedangkan media pembelajaran tutorial menunjukkan efektif digunakandi SMK Negeri 2 Gowa berdasarkan hasil tes belajar siswa kelas X TKJ yang mengalami peningkatan.

 

Kata Kunci: Media, Pengembangantutorial, Valid, Praktis Dan Efektif

Full Text:

PDF

References


As’ad, M., (1999). Psikologi industry. Yogyakarta: Penerbit: Liberty.

Azhar, Arsyad. 2005, “Media Pendidikan”. Jakarta: Raja Grafindo. Persada.

Arikunto, S. 2006. Media Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Allen, I.E., Seamen, J. dan Garret, R. 2007. Blending in: The Extent and Promise of Blended Education in the United States. USA: The Sloan Consortium.

Aritonang, R. Lerbin, R. (2007). Teori dan Praktik Riset Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Alim Sumarno. (2012). Perbedaan Penelitian dan Pengembangan.

http://blog.elearning.unesa.ac.id/alim-sumarno/perbedaan-penelitian-dan-pengembangan.Diakses tanggal 01 Desember 2020.

Briggs, Leslie J. 1977. Instructional Design,Educational Technology Publications Inc. New Jersey : Englewood Cliffs.

Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1989). Educational Research : An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Barata, A. A., 2003, Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo..

Bogdan & Taylor, (2003). Metodologi penelitian kualitatif. Terjemahan, Jakarta: Bulan Bintang.

Dessler. G. (2000). Organisasi dan manajemen: Perilaku, Struktur dan Proses. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Donald R dan Emory, C. William (1999). Media penelitian bisnis. Edisi Kelima, Jilid Pertama. Jakarta; Penerbit Erlangga.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Gaspersz, V, (1994), Indonesia, manajemen kualitas; Penerapan konsep-konsep kualitas dalam manajemen bisnis total. Jakarta: Gramedia.

Ghufron, A. 2011. Pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) di Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Handout. Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Hobri. 2009. Metodologi Penelitian Pengembangan (Development Research)

(Aplikasi pada penelitian pendidikan matematika). Word Editor: M.Office2003.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar, 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kusairi dan Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lembaga Administrasi Negara, (2007). Penyusunan standar pelayanan publik. Deputi Kajian Manajemen Kebijakan dan Pelayanan, Jakarta.

Luthans, F, (2005). Organizational behavior. New York: McGraw-hill.

Mulyana, D. (2001). Media penelitian kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Moleong, L. J. (2001). Media penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Meggs, Philip B., dan Alston W. Purvis. 2006. Meggs’ History of Graphic Design. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

National Education Association. (1969). Audiovisual Instruction Department, New Media and College Teaching. Wahington, D.C. : NEA.

Nurlaila, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia. Jakarta: LepKhair.

Nugroho, R. (2013), Media penelitian kebijakan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Patton. M.Q. (2006). Media Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Media Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

S.Eko Putro Widoyoko. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran.Yogyakarta ; Pustaka Belajar.

Sukardi. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Suryabrata. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Media Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tamin, F, (2004). Reformasi birokrasi:Analisis Pendayagunaan Aparatur Negara. Jakarta: Belantika.

Tjiptono, F, (2003). Prinsip-prinsip total quality service, Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Titin,Khoirul,Amin. (19 Oktober,2014). Pengembangan video interaktif. Diakses pada 07 Desember, dari https://core.ac.uk/dowload/pdf/33338571.pdf.

Zeithmal, Valarie A. dan Berry (1990). Delivering quality services: Balancing Customer Perceptions and Expectation, New York: The Free Press, A Divison Of Macmillan Inc.


Article Metrics

Abstract view : 98 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.