Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Model Terpadu (Integrated) Melalui Pendekatan “Content-Based Instruction (CBI)”Siswa SMK di Sulawesi Selatan
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa Kelas X SMK di Sulawesi Selatan dengan pendekatan “Content -based Instruction (CBI)”.Penelitian ini adalah penelitian pengembangan perangkat pembelajaran Bahasa Inggris Model Terpadu (Integrated) dengan pendekatan “Content based Instruction (CBI)” yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris Siswa kelas X SMK. Sampel
penelitian ini adalah siswa-siswa dan guru-guru di Sekolah Menengah Kejuruan di Makassar dan Gowa.Penelitian dirancang dalam tiga tahapan. Pada tahun pertama (2015) adalah tahap pengembangan yaitu melakukan kajian tentang perangkat pembelajaran yang dipakai saat itu dan mendesain rancangan awal pembelajaran berbasis CBI.Pada tahap kedua (tahun 2016), penelitian telah mengembangkan desain perangkat pembelajaran buku ajar, dan pada tahun ketiga (2017) penelitian akan menvalidasi buku ajar yang telah dibuat untuk bisa digunakan secara meluas di SMK-SMk yang ada di Sulawesi Selatan. Yang akan dipresentasikan dalam artikel ini adalah hasil ujicoba perangkat pembelajaran di sekolah-sekolah sampel yang terdiri dari (1) Implementasi pembelajaran bahasa Inggris berbasis CBI; (2) Tanggapan guru terhadap pembelajaran bahasa Inggris dengan pendekatan CBI; dan (3) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris dengan pendekatan CBI
Kata kunci: pengembangan perangkat pembelajaran, bahasa Inggris, Content-Based Instruction, SMK
penelitian ini adalah siswa-siswa dan guru-guru di Sekolah Menengah Kejuruan di Makassar dan Gowa.Penelitian dirancang dalam tiga tahapan. Pada tahun pertama (2015) adalah tahap pengembangan yaitu melakukan kajian tentang perangkat pembelajaran yang dipakai saat itu dan mendesain rancangan awal pembelajaran berbasis CBI.Pada tahap kedua (tahun 2016), penelitian telah mengembangkan desain perangkat pembelajaran buku ajar, dan pada tahun ketiga (2017) penelitian akan menvalidasi buku ajar yang telah dibuat untuk bisa digunakan secara meluas di SMK-SMk yang ada di Sulawesi Selatan. Yang akan dipresentasikan dalam artikel ini adalah hasil ujicoba perangkat pembelajaran di sekolah-sekolah sampel yang terdiri dari (1) Implementasi pembelajaran bahasa Inggris berbasis CBI; (2) Tanggapan guru terhadap pembelajaran bahasa Inggris dengan pendekatan CBI; dan (3) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris dengan pendekatan CBI
Kata kunci: pengembangan perangkat pembelajaran, bahasa Inggris, Content-Based Instruction, SMK
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1235 times | PDF view : 169 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.