Penerapan Model Project Based Learning dalam Pengembangan Jiwa Entrepreneurship Mahasiswa di Perguruan Tinggi

Mantasia Mantasia(1*), Putri Ida Sunaryathy Samad(2), Anita Candra Dewi(3), M. Maruf Idris(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan model Project Based Learning dalam mengembangkan jiwa entrepreneurship mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNM; (2) mengetahui seberapa besar jiwa entrepreneurship mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNM; (3) mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap pengembangan jiwa entrepreneurship mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian survei eksplanatif (analitik). Jumlah sampel sebanyak 36 mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah technopreneurship Prodi Teknik Elektronika Terapan (D4). Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) keterterapan model project based learning dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 86%; (2) mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNM memiliki jiwa enterprenuership dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 81%; (3) model project based learning berpengaruh positif terhadap pengembangan jiwa enterpreneurship dengan kontribusi sebesar 81%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat menumbuhkan jiwa entrepreneurship mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika FT UNM yang terintegrasi ke dalam nilai entrepreneurship.

 

Kata Kunci: Model Project Based Learning, Jiwa Entrepreneurship

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bailhaqi, I. & Nurif, M. 2015. Technopreneurship. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Daryanto dan Rahardjo, M. 2017. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Drucker, P. F. 2006. Innovation and Entrepreneurship. New York: Harper Busines.

Fathurrohman, M. 2016. Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran Yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Gunawan, B. Relmasira, S.C. & Hardini, A. T. A. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta didik Kelas V SD. Journal of Teaching In Elementary Education, 2(1), 32-45.

Indayani, S & Hartono, B. 2020. Analisis Pengangguran dan Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Akibat Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 18(2), 201-208.

Ishak, Khodijah. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengangguran dan Inflikasinya Terhadap Indek Pembangunan di Indonesia. Jurnal STIE Syariah Bengkalis Open Journal System (OJS), 22-38.

Martono, Nanang. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Data Sekunder Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Natty, R.A., Kristin, F. & Anugraheni, I. 2019. Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basic Edu, 3(4), 1082-1092.

Saefudin, A & Berdiati, I. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Roskadarya.

Suryana. 2017. Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Bandung: Salemba Empat.

Utami, T. Kristin, F. & Anugraheni, I. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Mitra Pendidikan. 2(6). 541-552.

Widiasworo, E. 2016. Strategi dan Metode Mengajar Siswa Di luar Kelas (Outdoor Leaning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 181 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.