Budaya Sekolah dan Pendidikan Karakter pada SMAN di Kabupaten Pangkep

Syamsu K(1*), Harifuddin Harifuddin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menggambarkan budaya sekolah di SMAN Pangkep. (2) menggambarkan pendidikan karakter di SMAN Pangkep. (3) Adakah pengaruh budaya sekolah terhadap pendidikan karakter di SMAN Pangkep. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan strategi survey. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis menggunakan tabulasi frekuensi dan analisis regrasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Budaya Sekolah SMA Negeri di Kab. Pangkep pada saat ini berada pada taraf sedang (68,5%). Hal ini menunjukkan bahwa Karakter Siswa SMA Negeri di Kab. Pangkep pada tingkatan yang normal. (2) Karakter siswa rata-rata menunjukkan bahwa berada pada ketegori cukup di SMA Negeri di Kab. Pangkep. (3) budaya sekolah memiliki hubungan terhadap pendidikan karakter, sehingga ketiga variabel independen tersebut dapat digunakan untuk mengestimasi atau memprediksi variabel pendidikan karakterdi SMA Negeri di Kab. Pangkep. Kesimpulan penelitian ini adalah budaya sekolah di SMA Negeri di Kab. Pangkep perlu dtanamkan kepada peserta didik karena memiliki dampak yang sangat besar terhadap perubahan perilaku di sekolah. Karakter siswa rata-rata menunjukkan berada pada ketegori cukup terjadi perubahan perilaku di SMA Negeri di Kab. Pangkep. Ada pengaruh secara signifikan antara konstruksi budaya sekolah (X) terhadap pendidikan karakter (Y).

 

Kata Kunci: Budaya Sekolah, Pendidikan Karakter, Siswa SMA.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M., Muflich, M. F., Zumroti, L., & Muvid, M. B. (2019). PENDIDIKAN ISLAM Mengupas Aspek-aspek Dalam Dunia Pendidikan Islam. Aswaja Pressindo.

Alfiah, S. A. (2019). Pengaruh Budaya Sekolah Dan Lingkungan Sosial Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA DI MAN 1 TEGAL. Wali Songo.

Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2721

Gergen, K. J., & Gergen, M. (2004). Social Construction: Entering the Dialogue. Taos Institute Publications.

Guba, D., & Lincoln, Y. (2009). Handbook of Qualitative Research (D. Dariyatno, B. S. Fata, & J. Rinaldi (eds.)). Pustaka Pelajar.

Hadi, S., & Chaer, M. (2017). Character Education And The Strategy Of Building An Independent Learners. Educatio: Journal of Education, 2(2), 163-74.

Hasnadi, H. (2019). Penerapan Nilai-Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikanarah, 3(2).

Kemendiknas, K. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Puskur. Balitbang Kemendiknas.

Musfah, J. (2015). Analisis Kebijakan Pendidikan Mengurai Krisis Karakter Bangsa. Prenada Media.

Nurhayati, I. (2016). Implikasi Budaya Sekolah Terhadap Peri Kehidupan Akademis. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(1), 131–158.

Poerwadarminta, W. J. S. (1995). Kamus Umum Bahasa Indonesia. PT. Balai Pustaka.

Ramadhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Pendidikan Uniga, 8(1). https://doi.org/10.52434/jp.v8i1.69

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Wibowo, A., & Hamrin, H. (2012). Menjadi Guru Brekarakter Strategi Membangun. Kompetensi & Karakter Guru. Pustaka Pelajar.

Yudiyanto, Y., Hakim, N., Hayati, D. K., & Carolina, H. S. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Konservasi Gajah Berkarakter Peduli Lingkungan. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 187. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.8959

Zamroni, Z. (2010). Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural,. Gavin kalam Utama.

Zuchdi, D. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan. Praktik. UNY Press.


Article Metrics

Abstract view : 158 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.