Implementasi Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Berbasis Digital di SMAN 2 Makassar

Ansar Ansar(1*), Kartini Marzuki(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Implementasi kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah berbasis digital di SMA Negeri 2 Makassar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan kunci adalah kepala sekolah, sedangkan guru dan staf sebagai informan sekunder. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah berbasis digital dilakukan dengan penerapan presensi digital, pembagian tugas mengajar secara by system, pengumpulan silabus dan rencana pembelajaran guru memanfaatkan penyimpanan google drive yang memudahkan kepala sekolah dalam melakukan pengawasan. Kepala sekolah juga senantiasa membimbing dan mengarahkan guru dalam memecahkan masalah-masalah kerjanya, dan bersedia memberikan bantuan secara proporsional dan profesional melalui kegiatan supervisi secara terstruktur mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi dan tindak lanjut, serta pembinaan langsung dalam kegiatan-kegiatan workshop terkait peningkatan kompetensi guru dalam pemanfaatan IT. Melakukan pemantauan nilai yang dilakukan oleh guru secara by system dan melakukan kegiatan peringatan bahkan visiting bagi peserta didik yang memiliki nilai di bawah standar. Sikap dan perilaku kepala sekolah yang memperhatikan kedisiplinan waktu, peduli dengan lingkungan, menghargai prestasi guru, komunikatif dan sikap keteladanan lainnya sehingga dapat ditiru oleh seluruh warga sekolah. Optimalisasi kegiatan kelompok kerja guru dan kelompok paguyuban sekolah serta penyediaan WiFi sebagai sumber belajar bagi seluruh warga sekolah.

 

Kata Kunci: Kepemimpinan, Digital, Kepala Sekolah

Full Text:

PDF

References


Amirullah. 2015. Kepemimpinan dan Kerjasama Tim. Jakarta : Mitra Wacana Media

Ardiawan, Irwan. 2020. “Studi Peningkatan Kesiapan Guru Paud Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 (Meta–Analisis).” Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1 (1): 33–39.

Creswell, J. W. 2014 Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research, Educational Research. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Cribbin, Jemes. 2016. Educational Organization and Administration: Concept, Practices, and Issues. United Stated America: Prentice Hall. Inc.

Daryanto. 2011. Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Duryat, M. 2016. Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta Andang., 2014, Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fajrin, T. 2018. “Analisis Sistem Presensi Dengan Sidik Jari Siswa SMK Negeri 2 Karangayar.” Indonesian Jurnal on Computer Science Speed 9 (1).

Frey, C. B. and Berger, T. (2016) Leadership Skills for Digital and Key Enabling Technologies, (January), p. 156.

Fried, E. (2017) Digital Leadership - Company Leadership in the Age of Digital Transformation BWC White Paper 1 . Digital Leadership - Company Leadership in the Age of digital Transformation’, (February), pp. 1–10.

Hasibuan, M. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Mangkunegara, A. P. 2015. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mulyadi. 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budya Mutu. Malang: UIN Maliki Press.

Mulyasa, E. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. 2000. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.

Nazara, Salahuddin. 2019. “Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013.” Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD 4 (2): 112–22.

Nugraha, S. 2011. Meningkatkan Mutu Madrasah Melalui Pemberdayaan MGMP. Malang: UIN Maliki Press.

Rusman. 2017. Seri Manajemen Sekolah Bermutu. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sulthon, H. M. 2011. Membangun Semangat Kerja Guru. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Wahjosmidjo. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah : Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Zufani. 2019. “Pengaruh Keteladanan Kepala Sekolah, Iklim Kerja Organisasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Loyalitas Kerja Guru SMP Kecamatan Medan Ampalas.” Jurnal Manajemen Pendidikan 9 (2).


Article Metrics

Abstract view : 140 times | PDF view : 362 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.