Penerapan Metode UCL Pada Perkuliahan Desain Pembelajaran Kimia Melalui Sistem Pembelajaran Daring

Muhammad Danial(1*), Taty Sulastri(2), Muhammad Yunus(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang respon mahasiswa program studi pendidikan kimia S2 PPs UNM terhadap penerapan metode UCL (Uraian, Contoh kasus, Latihan) pada perkuliahan Desain Pembelajaran Kimia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahap: 1) penyiapan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian/pengumpul data, 2) pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan metode UCL dengan sistem daring, 3) pengumpulan data, 4) mengolah dan menganalisis data, dan 5) melaporkan dan mempublikasikan hasil penelitian. Subjek penelitian ini adalah  mahasiswa program Studi Pendidikan Kimia S2 PPs UNM tahun akademik 2021/2022 yang berjumlah 16 orang. Objek penelitian ini adalah respon mahasiswa dan keterlaksanaan penerapan metode UCL dengan sistem pembelajaran daring pada perkuliahan Desain Pembelajaran Kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon mahasiswa atas penggunaan metode UCL dalam pembelajaran Desain Pembelajaran Kimia dengan sistem pembelajaran daring sebesar 4,57 dengan merespon positif dengan kategori sangat tinggi. Aspek respon mahasiswa terdiri atas kualitas dan cakupan bahan ajar yang disajikan, membantu dalam memahami konsep, keterlibatan atau partisipasi individu dalam proses pembelajaran, keterlibatan kelas dalam proses pembelajaran, kegunaannya dalam pencapaian tujuan pembelajaran, kemenarikan pembelajaran, membantu belajar mahasiswa, interaksi dosen dengan mahasiswa. Keseluruhan aspek tersebut ada yang tergolong dengan kategori tinggi dan ada yang tergolong dengan kategori sangat tinggi. Selanjutnya capaian keterlaksanaan metode UCL pada perkuliahan Desain Pembelajaran Kimia sebesar 3,61 dengan kategori tinggi. Aspek keterlaksanaan metode UCL terdiri atas mengungkapkan sasaran pembelajaran, mengarahkan mahasiswa pada pembelajaran, mengulangi kembali prasyarat, menyajikan bahan baru, melakukan pemeriksaan pembelajaran, memberikan latihan mandiri, menilai kinerjadan memberikan umpan balik, dan memberikan latihan terdistribusi dan peninjauan. Adapun aspek kendala signal jaringan internet tergolong kategori rendah dan penggunaan aplikasi media pembelajaran yang banyak mereka gunakan adalah Video Conference Zoom dan google meet. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode UCL melalui sistem pembelajaran daring pada perkuliahan Desain Pembelajaran Kimia mendapat respon positif dari mahasiswa pendidikan kimia S2 PPs UNM dengan kategori sangat tinggi dan keterlaksanaan metode UCL dengan kategori tinggi.

 

Kata Kunci: Metode UCL

Full Text:

PDF

References


Ary, D., L.C.Jacobs dan A.Razavieh, 1982. Pengantar Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Danial, M. dan Nurlaela. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia SMA Berbasis Investigasi dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Metakognisi, dan Penguasaan Konsep Peserta Didik. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun 2 UNM.

Danial, M. dan Sulastri, T., 2018. Kemandirian Belajar dan Respon Mahasiswa PPs UNM pada Pembelajaran Berbasis Investigasi pada matakuliah Landasan Pembelajaran Kimia. Laporan Peneltian UNM.

Danial, M. dan Sulastri, T., 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia SMA Berbasis V-Makes Pada Materi Senyawa Hidrokarbon. Laporan Peneltian UNM.

Danial, M. dan Yunus, M., 2019. Critical Thinking Skills and Students Learning Independence of Chemistry Department Undergraduate Program in Lectures of Chemistry Education Seminar Through Critical Analtsis Technique. Journal of Physic IOP Conference series:1317012151

Danial, M., Sulastri, T., dan Husain H., 2021. Kemandirian Belajar Dan Respon Mahasiswa Jurusan Kimia Pada Perkuliahan Mikrobiologi Industri Melalui Model Direct Instruction Dengan Sistem Pembelajaran Daring. Laporan Penelitian UNM

Higher Education Academy, 2014. Independent Learning. England and Wales: the Higher Education Academy.

Mahmudi, A., dan Saelan. 2005. The Implementation of Constructivism in Mathematics Instruction. Prosiding Seminar Nasional MIPA dan Pembelajarannya & Excange Experience of IMSTEP 5-6 September 2005. Malang: FMIPA UM – Dirjen Dikti Depdiknas.

Safnowandi, 2012. Model pengajaran langsung (Direct Instruction).

https://safnowandi.wordpress.com/2012/03/21/model-pengajaran-langsung/ Diakses tgl 7 April 2021.

Sugiono, 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta CV.

Suparman, A. 1997. Desain Pembelajaran.Jakarta: PAU-PPAI.

Suratno, A. 2005. Internet dan Kemandirian Belajar. Semarang: UKS.


Article Metrics

Abstract view : 102 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.