PINTAR (Puzzle Interaktif Berbasis Nusantara) sebagai Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sejak Dini Melalui Puzzle Bertajuk Budaya dan Peta Nusantara

Handiswan Handiswan(1*), Nur Ikhsan(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Hasil sensus Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2010 menunjukkan terdapat 1.340 suku yangterdapat di Indonesia. Namun, kondisi geografis Indonesia yang merupakan negarakepulauan menyebabkan masyarakat Indonesia sulit bersatu, karenanyamereka hanya mengetahui kebudayaan di daerahnya masing-masing dan tidaksaling memahami satu sama
lain, seolah-olah merasa asing dengankebudayaan daerah lain yang notabene dari negaranya sendiri.Olehnya diperlukan pemahaman terhadap anak-anak bangsa tentang kepulauan Nusantara sejak dini, karena usia dini merupakan masa seseorang mudah menerima stimulus. Oleh karena itu, diperoleh ide untuk menciptakan PINTAR (Puzzle Interaktif Berbasis Nusantara). PINTAR adalah sebuah puzzle tipe Jigsaw yang dikombinasikan dengan gambar-gambar Kebudayaan dan Kearifan lokal Nusantara serta gambar peta daerah budaya tersebut berasal. Keunikan dari PINTAR adalah bentuk kepingan puzzle yang tidak seperti pada umumnya yang menyajikan gambar-gambar kartun disney, tetapi menyajikan gambar kebudayaan dan peta Nusantara

Kata kunci: Budaya,Nilai-nilai Kearifan Lokal, Peta Nusantara, danPuzzle Interaktif

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 387 times | PDF view : 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.