Kajian Atas Strategi Pengembangan Pariwisata pada Era New Normal di Tana Toraja

Darmawati Darmawati(1*), Rahmadi Tambaru(2),

(1) Universitas Hasanuddin
(2) Universitas Hasanuddin
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan strategi pengelolaan  pariwisata dengan menggali informasi tentang faktor yang mempengaruhi di Kabupaten Tana Toraja pada era new normal pasca pandemi Covid-19.  Potensi yang dimiliki oleh Tana Toraja bidang pariwisata sebenarnya tidak kalah jauh dengan potensi-potensi yang miliki oleh daerah wisata lain seperti Bali. Potensi Pariwisata Tana Toraja dapat diklasifikasikan menjadi 4 jenis yakni: wisata alam, sejarah, seni dan budaya dan agro. Untuk mengevaluasi strategi pengembangan pariwisata yang diterapkan di Tana Toraja, perlu dilakukan evaluasi terhadap penerapan 7 (tujuh) strategi yang dicanangan oleh pemerintah daerah.  Jenis penelitian kualititaif deskriptif, menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik antara lain observasi, wawancara, brain strorming dengan pejabat yang terkait, dan studi pustaka. Menggunakan purposive random sampling yang terdiri dari  Dinas Pariwisata Kabupaten tanah toraja (2 Responden), Dinas koperasi, usaha kecil dan mengengah Kabupaten tanah toraja (2 Responden),  anggota Masyarakat pelaku UMKM (2 responden), wisatawan (2 responden)., dan akademisi pariwisata (2 responden). Metode analisis deskriptif .Adapun hasil penelitian ini, yakni : (1) Strategi telah diterapkan namun hasil dari penerapan strategi tersebut berbeda-beda karena terkendala dengan ada pandemik covid 19. Dimana Strategi pemantapan pemasaran dan pengembangan produk yang berhasil diterapkan dan memberikan hasil yang sangat siginifikan. Strategi dibidang distribusi dan multiplier dan strategi pengembangan produk berpengaruh signifikan, namun masih ada bagian yang belum berhasil diterapkan, dan Strategi pengembangan SDM, Spasial pengembang dan Strategi pengolahan in terest pariwisata belum memberikan hasil signifikan bagi perkembangan pariwisata Tana Toraja. (2) Aspek pendorong pengembangan pariwisata yang dimiliki Tana Toraja antara lain: Kenaturalan objek wisata, Peran dan partisipasi masyarakat dan Promosi tentang objek wisata sangat beragam dan kreatif.(3) Dan aspek penghambat yakni: Sarana dan prasaran yang belum memadai, SDM belum professional dibidang pariwisata dan landasan hukum (Perda) khusus tentang pariwisata yang belum ada. Penelitian ini penting karena dapat menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam menentukan kebijakan.

 

Kata Kunci: Strategi Pengelolaan Pariwisata, Potensi Ekonomi, meningkatkan pariwisata, peran pemerintah

Full Text:

PDF

References


Adam, R. (2022). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Sektor Pariwisata di Kota Batu. Jurnal Ilmu Ekonomi ( JIE ), 6(3), 503–512.

Hardianto, W. T., Emelia, E., & Chornelia W, R. M. (2021). Strategi Pengelolaan Pariwisata di Masa Covid-19 (Studi di Wisata Taman Dolan, Desa Pandanrejo, Kota Batu). Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 5(1), 38. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v5i1.3144

Hikmawanto, Noval. 2019. “Peran Pemerintah Daerah Kabupaten Demak Dalam Pengembangan Mesjid Agung Sebagai Destinasi Wisata.” Journal of Wind Engineering and Industrial Aerodynamics 26(3):1–4.

Masruroh, Rina, Nurhayati, N. (2016). Strategi Pengembangan Parawisata Dalam Rangka Peningkatan Parawisata Di Kabupaten Kuningan. Electronic Journal Politeknik Harapan Bersama Tegal, vol.1 No.1, 124–133.

Rambulangi, A. C., Pongtuluran, A. K., & Mantong, A. (2021). Strategi Dinas Pariwisata Dalam Pengembangan Pariwisata di Tana Torata. Jurnal Economix, 9(2), 1–11.

Ashraf, B. N. (2020). Economic impact of government interventions during the COVID-19 pandemic: International evidence from financial markets. Journal of Behavioral and Prosiding Seminar Akademik Tahunan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan 2020 ISBN: 978-602-53460-5-7 Experimental Finance, 27, 100371. https://doi.org/10.1016/j.jbef.2020.100371

Asmini, A., Sutama, I. N., Haryadi, W., & Rachman, R. 2020. Manajemen Business Cycle Sebagai Basis Peluang Usaha Pasca Covid-19: Suatu Strategi Pemulihan Ekonomi Masyarakat. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 121–129.

Bustam, N. H. (2016). Pengaruh jumlah unit, PDB dan investasi UMKM terhadap penyerapan tenaga kerja di Indonesia periode 2009-2013. Jurnal Kutubkhannah, 19(2), 250–261.

Donthu, N., & Gustafsson, A. (2020). Effects of COVID-19 on business and research. Journal of Business Research, 117(June), 284–289. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.06.008

Goodell, J. W., & Huynh, T. L. D. (2020). Did Congress trade ahead? Considering the reaction of US industries to COVID-19. Finance Research Letters, April, 101578. https://doi.org/10.1016/j.frl.2020.101578

Hapsari, I. M. (2014). Identifikasi Berbagai Permasalahan Yang Dihadapi Oleh UKM Dan Peninjauan Kembali Regulasi UKM Sebagai Langkah Awal Revitalisasi UKM. Permana, V(No. 2), 43–47.Adam, R. (2022). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Sektor Pariwisata di Kota Batu. Jurnal Ilmu Ekonomi ( JIE ), 6(3), 503–512.

Hardianto, W. T., Emelia, E., & Chornelia W, R. M. (2021). Strategi Pengelolaan Pariwisata di Masa Covid-19 (Studi di Wisata Taman Dolan, Desa Pandanrejo, Kota Batu). Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 5(1), 38. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v5i1.3144

Masruroh, Rina, Nurhayati, N. (2016). Strategi Pengembangan Parawisata Dalam Rangka Peningkatan Parawisata Di Kabupaten Kuningan. Electronic Journal Politeknik Harapan Bersama Tegal, vol.1 No.1, 124–133.

Rambulangi, A. C., Pongtuluran, A. K., & Mantong, A. (2021). Strategi Dinas Pariwisata Dalam Pengembangan Pariwisata di Tana Torata. Jurnal Economix, 9(2), 1–11.

Hanoatubun, S. 2020. Dampak Covid–19 terhadap Prekonomian Indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 146–153.

Kuckertz, A., Brändle, L., Gaudig, A., Hinderer, S., Morales Reyes, C. A., Prochotta, A., Steinbrink, K. M., & Berger, E. S. C. (2020). Startups in times of crisis – A rapid response to the COVID-19 pandemic. Journal of Business Venturing Insights, 13(April). https://doi.org/10.1016/j.jbvi.2020.e00169

Kumala, R., & Junaidi, A. 2020. Strategi Bisnis Dan Pemanfaatan Kebijakan Pajak Di Masa Pandemi COVID-19 Dan Era New Normal (Studi Kasus Pelaku UKM Marketplace). Prosiding Seminar STIAMI, 7(2), 98–103.

Kumar, A., Luthra, S., & Kumar, S. (2020). COVID-19 impact on sustainable production and hy6operations management. 1(May), 1–7. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2020.06.001

Marlinah, L. 2020. Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid 19. JURNAL EKONOMI, 22(2), 118– 124.

Mirza, N., Naqvi, B., Rahat, B., & Rizvi, S. K. A. (2020). Price reaction, volatility timing and funds’performance during Covid-19. Finance Research Letters, April, 101657. https://doi.org/10.1016/j.frl.2020.101657

Mumtahana, H. A., Nita, S., & Tito, A. W. (2017). Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(1), 6. https://doi.org/10.23917/khif.v3i1.3309

Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. 2020. Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita: Ekonomi Pembangunan, Manajemen Bisnis & Akuntansi, 5(2), 212–224.

Nurlinda, N., Napitupulu, I., Wardayani, W., Azlina, A., Andina, A., Ulfah, A., & Supriyanto, S. (2020). Can E-Commerce Adoption Improve SME’s Performance? (Case Studies on Micro,Small and Medium Enterprises with Gojek Services in Indonesia). https://doi.org/10.4108/eai.11-12-2019.2290850

Nurlinda dan Sinuraya J, 2020. Potensi UMKM Dalam Menyangga Perekonomian kerakyatan di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian LiteraturProsiding Seminar Akademik Tahunan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan 2020 ISBN: 978-602-53460-5-7

Nurlinda, Wardayani, & Muda, I. (2020). Factors Affecting e-Commerce Adoption on Micro, Small and Medium Enterprises in Medan City Factors Affecting e-Commerce Adoption on Micro , Small and Medium Enterprises in Medan City. ICOSTEERR 2018 - International Conference of Science, Technology, Engineering, Environmental and Ramification Researches, August, 1301–1311. https://doi.org/10.5220/0010072313011311

Nurhayati, T., & Aji, R. H. S. 2020. Emansipasi Melawan Pandemi Global: Bukti dari Indonesia. ’ADALAH, 4(1).

Peraturan Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia Nomor07/Per/M.KUKM/VII/2015 Tentang Rencana Strategis Kementerian Koperasi dan Usaha kecil Menengah Tahun 2015-2019

Rafinaldy, N. (2006). Memeta Potensi dan Karakteristik UMKM Bagi Penumbuhan Usaha Baru. Infokop, 22((29)), 32–37.

Resyniar, G. (2013). Persepsi Pelaku Usaha Mikro kecil Menengah Terhadap Penerapan PP. 46Tahun 2013. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Universitas Brawijaya. Prosiding Seminar Akademik Tahunan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan 2020 ISBN: 978-602-53460-5-7

Shehzad, K., Xiaoxing, L., & Kazouz, H. (2020). COVID-19’s disasters are perilous than Global Financial Crisis: A rumor or fact? Finance Research Letters, April, 101669. https://doi.org/10.1016/j.frl.2020.101669

Sheth, J. (2020). Business of business is more than business: Managing during the Covid crisis. Industrial Marketing Management, 88(April), 261–264. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2020.05.028

Soetjipto, H. N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi COVID-19.

Sukirno, S. (2004). Makro Ekonomi Teori Pengantar. PT Raja Grafindo Perkasa.

Suryadi, D. F., & Ilyas, M. I. F. (2018). Adopsi Online Food Delivery Service Bagi Wirausaha Pemula. Ilmu Administrasi, Akuntansi, Bisnis, Dan Humaniora, 2018, 75–80.

Susilawati, S., Falefi, R., & Purwoko, A. (2020). Impact of COVID-19’s Pandemic on the Economy of Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1147–1156. https://doi.org/10.33258/birci.v3i2.954

Thorgren, S., & Williams, T. A. (2020). Staying alive during an unfolding crisis: How SMEs ward off impending disaster. Journal of Business Venturing Insights, 14(May), e00187. https://doi.org/10.1016/j.jbvi.2020.e00187

Urata, S., & Kawai, H. (2000). The determinants of the location of Foreign Direct Investment by Japanese small and medium size enterprises. Small Business Economics, 15, 79–103.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, (2008).

https://bps.go.id

http://www.depkop.go.id/

https://money.kompas.com/read/2020/06/09/113500126/pertumbuhan-ekonomi-masa-pandemi-8-negara-indonesia-paling-tinggi?page=all

https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-523227533

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4277806/banyak-umkm-indonesia-akan-bangkrut-didesember-2020

https://www.merdeka.com/uang/pemerintah-targetkan-2-juta-umkm-go-digital-hingga-akhirtahun-2 20.html#:~:text=Pemerintah%20Targetkan%202%20Juta%20UMKM%20Go%20Digital%20Hingga%20Akhir%20Tahun%202020,-%2Dcommerce.&text=Merdeka.com%20%2D%20Staf%20Khusus%20Menteri,digital%20hingga%20akhir%20tahun%202020.

https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/kontribusi-umkm-terhadap-pdb-2010-2020-15862513122

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/05/21/berapa-tenaga-kerja-yang-terserap-dariumkm-di-indonesia

https://mediaindonesia.com/read/detail/311965-pasca-covid-19-umkm-tulang-punggungpemulihan-ekonomi

Yolandha, Friska. 16 Jul 2020. Ini Strategi Pembukaan Kembali Pariwisata di Era New Normal. https://www.republika.co.id/berita/qdjnba370/ini-strategi-pembukaan-kembali-pariwisata-di-era-new-normal


Article Metrics

Abstract view : 216 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.