Relevansi Kompetensi Lulusan D3 Tata Busana dengan Kebutuhan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA)

Hamidah Suryani(1*), A Nur Maidah(2), Irmayanti Irmayanti(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan kompetensi lulusan D3 Tata Busana FT UNM yang dibutuhkan oleh dunia industri, menguraikan relevansi bidang kerja lulusan dengan latar belakang pendidikannya, dan memetakan relevansi kompetensi D3 Tata Busana di dunia kerja dengan kompetensi D3 Tata Busana di FT UNM. Jenis penelitian adalah penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah lulusan Program Studi D3 Tata Busana FT UNM pada wisuda tahap I dan tahap II tahun 2013 -2016 dengan jumlah 30 responden dan stakeholder ditempat lulusan bekerja kemudian dilakukan teknik sampling dengan jenis random Sampling sehingga berjumlah 15 rang. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa industri membutuhkan kompetensi lulusan baik secara teknis maupun nonteknis. Kompetensi teknis terkait dengan technical skills, dan kompetensi non teknis terkait dengan employability skills. Secara umum, relevansi kompetensi di dunia kerja dengan kompetensi lulusan yang merupakan hasil dari perguruan tinggi pada aspek technical skills termasuk kategori cukup relevan sebesar 73,68%, namun masih terdapat 26,32% yang tidak relevan lagi. Employability skills sebagian lulusan telah mencapai tingkat ahli, hanya saja mereka lebih banyak mendapatkan hal tersebut bukan melalui pembelajaran dikampus melainkan setelah mereka bekerja.

 

Kata Kunci: Relevansi, Kompetensi, IDUKA

Full Text:

PDF

References


Anas, Arfandi (2013). Relevansi Kompetensi Lulusan Diploma Tiga Teknik Sipil Di Dunia Kerja. https://www.researchgate.net/ publication/328460709_Relevansi_kompetensi_lulusan_Diploma_Tiga_teknik_sipil_di_dunia_kerja/fulltext/5bcf322b299bf1a43d9b1ed5/Relevansi-kompetensi-lulusan-Diploma-Tiga-teknik-sipil-di-dunia-kerja.pdf. Diakses tgl. 23 Februari 2022

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud). (1997). Keterampilan menjelang 2020. Jakarta: Depdikbud.

Finch, C. R., & Crunkilton, J. R. (1999). Curriculum Development in Vocational and Technical Education : Planning, Content and Implementation 5th Ed. Boston, Massachusetts : Allyn & Bacon, Inc.

Jordan, A., Carlile, O., and Stack, A. (2008). Approach to Learning : A Guide for teachers. Newyork: Open University Press & Mc. Graw Hill.

Mukminan, Waras K., Herminarto S., et el. (2008). Panduan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Dikti

Thompson, J. F. (1973). Foundations of Vocational Education. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Wardiman D. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta : Jayakarta


Article Metrics

Abstract view : 67 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.