Pengembangan Aktivitas Pembelajaran Steam dalam Model Project Based Learning (PJBL) Melalui Pembuatan Paving Block dari Sampah Plastik

Asdar Asdar(1*), Fajar Arwadi(2), Yusnalia Kadir(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan aktivitas pembelajaran STEAM dalam model PjBL melalui pembuatan paving block dari sampah plastik dan mengetahui kualitas aktivitas pembelajaran STEAM dalam model PjBL melalui pembuatan paving block dari sampah plastik. Penelitian  ini menggunakan jenis  penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima  tahapan yaitu analysis  (analisis),  design (desain),  development  (pengembangan),  implementation  (implementasi),  dan evaluation (evaluasi).  Hasil penelitian ini valid berdasarkan hasil validasi dua orang dosen sebagai validator, praktis berdasarkan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon pengguna (guru dan siswa), dan efektif berdasarkan penilaian hasil belajar (nilai keterampilan dan nilai laporan proyek) sehingga memenuhi kriteria aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Aktivitas pembelajaran yang dikembangkan dengan model ADDIE valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar

 

Kata Kunci: Aktivitas, STEAM, Valid, Praktis, Efektif.

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Badan Litbang. (2018). Riset: 24 persen sampah di Indonesia masih tak terkelola. URL: http://litbang.kemendagri.go.id/website/riset-24-persen-sampah-di-indonesia-masih-tak-terkelola/. Diakses tanggal 7 Januari 2022.

Badan Pusat Statistika. (2013). Proyeksi penduduk Indonesia.

Binus. (2019). STEAM, sebuah pendekatan pembelajaran berbasis seni. URL: https://binus.ac.id/knowledge/2019/03/steam/. Diakses tanggal 21 Januari 2022.

Budiman, I. A. (2016). Development model of volleyball spike training. International Journal of Physical Education, Sports and Health, 3(3), 467.

Bybee, R. W. (2010). Scientific and engineering practices in K-12 classrooms: Understanding A framework for K-12 Science Education. NSTA: Arlington, Virginia.

Bybee, R.W. (2013). The case for STEM education-challenges and opportunities. Virginia: NSTA Press.

Depdiknas. (2013). Penulisan modul. Direktorat jenderal manajemen pendidikan dasar dan menengah.

Kementrian PPN. (2020). Kota dan pemukiman yang berkelanjutan. URL: http://sdgs.bappenas.go.id/tujuan-11/. Diakses tanggal 17 September 2020.

Kim. (2016). URL: https://repository.unja.ac.id/10678/4/BAB%20I.pdf diakses pada tanggal 21 Januari 2022.

Khoiriyah, Abdurrahman, & Wahyudi. I. (2018). Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gelombang bunyi. International conference on research and learning of physics journal JRKPF UAD Vol.5 No.2.

Mu'minah, I. H. & Suryaningsih, Y. (2020). Implementasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) dalam pembelajaran abad 21. Bio Education. DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v5i1.2105

National education association. (2022). Keterampilan abad ke 21.

Nugroho, I. D. (2020). Pemanfaatan abu batu dalam pembuatan paving block dengan metode tekanan.

Portal informasi Indonesia. (2019). Menenggelamkan pembuang sampah plastik di laut. URL: https://indonesia.go.id/narasi/indonesia-dalam-angka/sosial/menenggelamkan-pembuang-sampah-plastik-di laut#:~:text=Data%20Asosiasi%20Industri%20Plastik%20Indonesia,64%20juta%20ton%20per%20tahun.&text=Sumber%20yang%20sama%20menyebutkan%2C%20kantong,sebanyak%2085.000%20ton%20kantong%20plastik. Diakses tanggal 7 Januari 2022.

Presiden, R. I. (2002). Undang-undang republik Indonesia No. 18 Tahun 2002 tentang sistem nasional penelitian, pengembangan dan penerapan IPTEK-[PERATURAN].

Sardiman, A. M. (2006). Interaksi dan motovasi belajar mengajar. Rajagrafindo Persada.

Sari, R. T. & Angreni, S. (2018). Penerapan model pembelajaran Project based Learning (PjBL) upaya peningkatan kreativitas mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Alfabet.

Sumarno. (2012). Pengertian pengembangan. Kanisius.

Undang-undang (UU) No. 18 Tahun 2002. Sistem nasional penelitian, pengembangan, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Data Base Peraturan. JDIH BPK RI. URL: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/44462. Diakses tanggal 2 Juni 2022.

Warsita. (2013). Perkembangan definisi dan kawasan teknologi pembelajaran serta perannya dalam memecah permasalahan pembelajaran. Retrived march 2019 from Jurnal Kwangsang. 1 (2): 72-94: https://jurnalkwangsan.


Article Metrics

Abstract view : 172 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.