Pengembangan Modul Mikrokontroller Platform Arduino pada Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Udin Sidik Sidin(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Mikrokontroler Platform Arduino yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran Mata Kuliah Mikrokontroler di Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar dan mengetahui kelayakannya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) versi Borg and Gall yang telah disederhanakan melalui empat tahapan: 1) studi pendahuluan; 2) pengembangan; 3) uji lapangan; dan 4) diseminasi. Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket skala Likert model empat pilihan. Modul Mikrokontroler Platform Arduino divalidasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media selanjutnya diujicobakan kepada sembilan mahasiswa. Penelitian ini menghasilkan produk berupa Modul Mikrokontroler Platform Arduino sebagai bahan ajar Mata Kuliah Mikrokontroler di Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran ini mendapat rerata skor setelah divalidasi oleh ahli materi sebesar 3,58 termasuk dalam kategori “sangat layak”, oleh ahli media mendapatkan rerata skor sebesar 3,43 termasuk dalam kategori “sangat layak”, dan dari uji lapangan mendapat rerata skor sebesar 3,74 termasuk dalam kategori “sangat layak”. Berdasarkan dari hasil validasi ahli dan uji lapangan tersebut maka modul pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran Mata Kuliah Mikrokontroler.

 

 

Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Mikrokontroler, Arduino

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Andi Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.

Anik Ghufron, Widyastuti Purbani, & Sri Sumardiningsih. (2014). Panduan Penelitian & Pengembangan (edisi revisi). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta.

Bekti Wulandari, dkk. (2015). Pengembangan Trainer Equalizer Grafis dan Parametris sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Praktik Sistem Audio. Diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/issue/view/1130. pada tanggal 19 Nopember 2022

Chomsin Widodo S. dan Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Elex Media Komputinda.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul: Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gavamedia.

Daryanto. (2013). Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya. E. Mulyasa. (2006). Kurikulum berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakrya.

Ika Lestari. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Sesuai Dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Padang: Akademia Permata.

Imam Mustholiq, dkk. (2007). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Mata Kuliah Dasar Listrik. Diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/9310. pada tanggal 19 Nopember 2022.

Martinis Yamin & Maisah. (2009). Manajemen Pembelajaran Kelas: Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Novita Kusniati. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Visual Basic 6.0 Sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Teknik Pemrograman Kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Magelang.Skripsi. FT UNY.

Nuryake Fajaryati, dkk. (2016). E-module Development for The Subject of Measuring Instruments and Measurements in Electronics Engineering Education. Diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/13187. pada tanggal 19 Nopember 2022.

Oemar Hamalik. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Pradeka

Setyo Riandi. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Membuat Rekaman Audio di Studio pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Kelas X Semester Genap Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Saptosari. Skripsi. FT UNY.

Republik Indonesia. (2002). Undang-Undang Republik Indonesia No. 18 Tahun 2002. Jakarta: Sekretariat Negara.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinta pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.


Article Metrics

Abstract view : 108 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.