Harapan Orangtua dengan Anak Berkebutuhan Khusus yang Beranjak Dewasa

Haerani Nur(1*), Eka Sufartianinsih Jafar(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Prevalensi anak berkebutuhan khusus (ABK) di Indonesia terus meningkat, begitu juga dengan yang beranjak dewasa. Masa depan anak selalu menjadi kekhawatiran bagi orangtua dengan ABK. Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri harapan orangtua dengan ABK yang beranjak dewasa di balik kekhawatiran orangtua. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, Sembilan orangtua dengan ABK yang beranjak dewasa dilibatkan sebagai responden penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik photo voice dan analisis data dilakukan dengan teknik analisis tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan gambaran harapan antara orangtua dari ABK yang berusia di atas 15 tahun dan di bawah 15 tahun. Orangtua dengan ABK yang berusia di atas 15 tahun pada umumnya sudah mampu mengidentifikasi potensi yang dimiliki anaknya dan berfokus pada mengembangkan potensi anak untuk dapat menjalani kehidupan secara mandiri. Orangtua telah menyadari bahwa anaknya sulit mengikuti pendidikan formal dan b berusaha mengajarkan keterampilan-keterampilan yang membuatnya bisa produktif. Sebaliknya berbeda dengan orangtua ABK remaja yang berusia di bawah 15 tahun, umumnya masih berfokus mengejar kemampuan anak dalam ranah akademik, khususnya membaca dan menulis, kemampuan interaksi sosial, serta kemampuan menjalankan ibadah secara mandiri. Hal ini dinilai sebagai kemampuan dasar yang memungkinkan anak untuk dapat menjalani kehidupannya secara mandiri. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi orangtua ABK dalam membangun harapan yang tepat untuk anak.

 

 

Kata Kunci: Harapan, Orangtua, ABK, Beranjak Dewasa, Photovoice

Full Text:

PDF

References


Aycicegi-Dinn, A., & Kagitcibasi. (2010). The value of children for parents in the minds of emerging adults. Cross-Cultural Research. 44(2): 174-205.

Durand, V. M., Hieneman, M., Clarke, S., & Zona, M. (2009). Optimistic parenting: Hope and help for parents with challenging children. In W. Sailor, G. Dunlop, G. Sugai, & R. Horner (Eds.), Issues in clinical child psychology. Handbook of positive behavior support (p. 233–256). Springer Publishing Company. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09632-2_10

Nordheim, T., Rustøen, T., Solevåg, A. L., Småstuen, M. C., & Nakstad, B. (2018). Hope in parents of very-low birth weight infants and its association with parenting stress and quality of life. Journal of pediatric nursing, 38, e53-e58.

Kashdan, T. B., Pelham, W. E., Lang, A. R., Hoza, B., Jacob, R. G., Jennings, J. R., & Gnagy, E. M. (2002). Hope and optimism as human strengths in parents of children with externalizing disorders: Stress is in the eye of the beholder. Journal of Social and Clinical Psychology, 21(4), 441-468.

Lloyd, T. J., & Hastings, R. (2009). Hope as a psychological resilience factor in mothers and fathers of children with intellectual disabilities. Journal of Intellectual Disability Research, 53(12), 957-968.

Kausar, S., Jevne, R. F., & Sobsey, D. (2003). Hope in families of children with developmental disabilities. Journal on developmental disabilities, 10(1), 35-46.

Conway, M. F., Pantaleao, A., & Popp, J. M. (2017). Parents’ experience of hope when their child has cancer: perceived meaning and the influence of health care professionals. Journal of Pediatric Oncology Nursing, 34(6), 427-434.

Hullmann, S. E., Fedele, D. A., Molzon, E. S., Mayes, S., & Mullins, L. L. (2014). Posttraumatic growth and hope in parents of children with cancer. Journal of psychosocial oncology, 32(6), 696-707.

Mulligan, J., Macculloch, R., Good, B., & Nicholas, D. B. (2012). Transparency, hope, and empowerment: A model for partnering with parents of a child with autism spectrum disorder at diagnosis and beyond. Social Work in Mental Health, 10(4), 311-330.

Shenaar‐Golan, V. (2017). Hope and subjective well‐being among parents of children with special needs. Child & family social work, 22(1), 306-316.

Links, M., & Kramer, J. (1994). Breaking bad news: Realistic Versus unrealistic hopes. Support Care Cancer, 2. 91-93.

Nur, H., Tairas, M. M. W., & Hendriani, W. (2018). The experience of hope for mother with speech delay children. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 7(2), 104-117.

Nur, H. (2018). Dinamika harapan Ibu terhadap masa depan anak yang mengalami keterlambatan perkembangan bicara dan bahasa (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Abdi, 2019. Mengajarkan calistung pada anak TK, Bolehkah? Artikel. Sangbuahati.com. diakses pada 15 Maret 2021.

Truitt, M., Biesecker, B., Capone, G., Bailey, T., & Erby, L. (2012). The role of hope in adaptation to uncertainty: The experience of caregivers of children with Down syndrome. Patient education and counseling, 87(2), 233-238.

Strauss, A & Corbin, J. (1990). Basic of qualitative research: Grounded theory procedure and techniques. United Kingdom: SAGE Publication.

Hendriani, W. (2013). Proses resiliensi individu terhadap perubahan kondisi fisik menjadi penyandang disabilitas (Grounded theory pada penyandang tuna daksa). Disertasi. Universitas Airlangga.

Emzir. (2014). Metodologi penelitian kualitatif analisis data. Jakarta: Rajawali Pers.


Article Metrics

Abstract view : 207 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.