Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing UMKM di Era Revolusi Industri 5.0

Chalid Imran Musa(1*), Agung Widhi Kurniawan(2), Rahmat Riwayat Abadi(3), Dwi Anugerah Lestari Musa(4), Kartika Septiary Pratiwi(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya
(4) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya
(5) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Di era industri global yang sudah memasuki era 5.0 saat ini, persaingan di dalam dunia industri menjadi semakin ketat dan tinggi di mana setiap negara harus memiliki keunggulan kompetitif sebagai syarat mutlak untuk bersaing. Persaingan usaha yang ketat menuntut UMKM untuk mampu melakukan proses manajemen usaha yang produktif dan seefisien mungkin, serta dapat menghasilkan produk atau jasa yang sesuai dengan preferensi pasar dengan standar kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap keunggulan. Penelitian ini dilaksanakan pada beberapa UMKM sektor kuliner di kota Makassar. Sampel penelitian sebanyak 100 responden. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan convenience sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan analisis jalur (path analysis) menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap orientasi pasar, orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, orientasi pasar berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, dan orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap keunggulan bersaing melalui orientasi pasar.

 

Kata Kunci: Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing

Full Text:

PDF

References


Boso, N., Story, V.M., & Cadogan, J.W. 2013. Entrepreneurial orientation, market orientation, network ties, and performance: Study of entrepreneurial firms in a developing economy. Journal of Business Venturing, 28(6), pp. 708-727.

Covin, J.G., & Slevin, D.P. 1991. A Conceptual Model of Entrepreneurship as Firm Behavior, Baylor University.

Cravens, D.W., & Piercy, N.F. 2013. Strategic Marketing, Tenth Edition. New York: McGraw Hill.

Darsono. 2013. Manajemen Pemasaran untuk Mahasiswa, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Yogyakarta: Deepublish.

Droge, C., & Vickrey, S. 1994. Source and Outcomes of Competitive Advantage: An Explanory Study in The Furniture Industry. Decision Sciences, pp. 669-689.

Drucker, P. F. 1994. Innovation and Entrepreneurship. Jakarta: Erlangga.

Feranita, N.V., & Setiawan, H.A. 2018. Peran Keunggulan Bersaing dalam Memediasi Dampak Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja UMKM. Majalah Ilmiah Dian Ilmu, 18(1).

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Helia, R., Farida, N., & Prabawani, B. 2015. Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk sebagai Variabel Antara (Studi Kasus pada IKM Batik di Kampung Batik Laweyan, Solo). Diponegoro Journal Of Social And Political Of Science, pp. 1-11. doi.org/10.14710/jiab.2015.9360.

Jayaningrum, E., & Sanawiri, B. 2018. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran (Studi pada Kuliner Kafe Kota Malang) Erni. Jurnal Administrasi Bisnis, 54(1), pp. 149-158.

Kumalaningrum, M.P. 2011. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Profitabilitas UKM dengan Orientasi Pasar sebagai Variabel Pemediasi. Jurnal Manajemen & Bisnis (JRMB), 6(2), pp. 99-112.

Lestari, I., Astuti, M., & Ridwan, H. 2019. Pengaruh Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Kuliner. Jurnal Manajemen & Bisnis (JRMB), 4(1), pp. 111-118.

Lumpkin, G.T., & Dess, G.G. 1996. Clarifying the Entrepreneurial Orientation Construct and Linking it to Performance. Academy of Management Review, 21(1): 135-172.

Malhotra. 2005. Riset Pemasaran, Jilid I, Edisi 4. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Medhika, N.G.A.J., Giantari, I.G.A.K., & Yasa, N.N.K. 2018. Peran Keunggulan Bersaing dalam Memediasi Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan dengan Kinerja UMKM. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), 1(2), pp. 183-195.

Narver, J.C. and Slater, S.F. 1990. The Effect of Market Orientation on Business Profitability. Journal of Marketing. p.20-35.

Noe, R.A. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Mencapai Keunggulan Bersaing. Jakarta: Salemba Empat.

Porter, M.E. 2004. The Competitive Advantages of Nations, Harvard Business Review.

Porter, M.E. 2008. Strategi Bersaing (Competitive Strategy). Tanggerang: Karisma Publishing Group.

Pramesti, N.M.V., & Giantari, I.G.A.K. 2016. Peran Orientasi Pasar Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja UKM Industri Kerajinan Endek. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(9), 5754-5782.

Rahmadi, A.N., Jauhari, T., & Dewandaru, B. 2020. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM Di Jalanan Kota Kediri. Jurnal EKBIS, 21(2), pp. 178-188.

Suharto & Subagja, I.K. 2018. The Influence of Market Orientation and Entrepreneurial Orientation to Competitive Advantage Through Business Innovation: Study on Batik Trusmi Cirebon West Java Province Indonesia. International Review of Management and Marketing, 8(1), pp. 39-53.

Uncles, M.D. 2018. Directions in Higher Education: A Marketing Perspective. Australasian Marketing Journal, 26(2). doi.org/10.1016/j.ausmj.2018.05.009.

Wang, G., & Miao, C.F. 2011. Effects of Sales Force Market Orientation on Creativity, Innovation Implementation, and Sales Performance. Journal of Business Research, 1(2), pp. 22-33.

Weerawardena, J., & Sullivan-Mort, G. 2001. Learning, Innovation and Competitive Advantage in not-for-Profit Aged Care Marketing: A Conceptual Model and Research Propositions. Journal of Nonprofit & Public Sector Marketing, 9(3), pp. 53-73.

Wirawan, Y.R. 2016. Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Batik di Kabupaten Jombang. EQUILIBRUM, 5(1).

Wusko, A.U., & Nizar, M. 2017. Pengaruh Entrepreneurial Orientation dan Market Orientation terrhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran pada UKM di Kabupaten Pasuruan. Journal Knowledge Industrial Engineering (JKIE), 4(3), pp. 72-84.


Article Metrics

Abstract view : 88 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.