Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Aplikasi Android

Hamzah Upu(1*), Rahmat Syam(2), Marwan Marwan(3), Agusalim Juhari(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Patompo
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan mendeskripsikan proses pengembangan E-Modul matematika berbasis Android, menemukan hasil pengembangan E-Modul matematika berbasis Android yang valid, praktis, dan efektif, serta menunjukkan spesifikasinya. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI TIPH SMK Kehutanan Negeri Makassar yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Data validasi ahli diperoleh dari pengisian angket oleh ahli, data kepraktisan diperoleh dari observasi pelaksanaan pembelajaran dan angket respon guru, dan data keefektifan diperoleh dari angket respon siswa dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dan diinterpretasikan berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Validator ahli digunakan untuk menguji layak atau tidaknya E-Modul matematika berbasis Android. Angket kepraktisan digunakan untuk mengetahui pendapat guru tentang kemudahan siswa dalam menggunakan E-Module. Angket keefektifan digunakan untuk mengetahui pendapat siswa setelah menggunakan E-Modul dan tes hasil belajar untuk mengetahui kemampuan siswa setelah belajar menggunakan E-Modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembangunan E-Module matematika dimulai dari tahap analisis awal hingga akhir hingga dihasilkan prototipe E-Module dalam bentuk format file apk. Hasil pengembangan menunjukkan rata-rata Expert Validation Value (NVA) E-Modul dan RPP valid, hasil pelaksanaan pembelajaran dan respon guru masuk kategori sangat baik sehingga E-Modul dinyatakan secara praktis, hasil respon siswa berada pada kategori positif dan nilai rata-rata hasil belajar diatas KKM sehingga E-Modul dinyatakan efektif dan spesifikasi E-Modul memuat materi Matematika Tiga Dimensi.

 

 

Kata Kunci: E-Modul, Matematika, Android

Full Text:

PDF

References


Aditya, P. T. 2018. Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web pada materi lingkaran bagi siswa kelas VIII. Jurnal Matematika, Statistika dan Komputasi, 15(1), 6474.

Ahmar, Ansari S., & Rahman, Abdul. 2017. Development of teaching material using an android. Global Journal of Engineering Education, 19(1), 72-76.

Anggriani, I., Nurhayati, S., & Subchan, S. 2018. Analisis kestabilan model penurunan sumber daya hutan akibat industri. Limits: Journal of Mathematics and Its Applications, 15(1), 31-40.

Dirjen Dikdasmen Kemendikbud. 2018. Peraturan dirjen dikdasmen kemendikbud nomor: 464/D.D5/KR/2018 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran muatan nasional (A), muatan kewilayahan (B), dasar bidang keahlian (C1), dasar program keahlian (C2) dan kompetensi keahlian (C3). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fitri, A., Netriwati, N., & Andriani, S. 2021. Sigil software sebagai pengembangan e-modul pembelajaran matematika. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 7(1), 1-10.

Fitrianna, A. Y., Priatna, N., & Dahlan, J. A. 2021. Pengembangan model e-book interaktif berbasis pembelajaran induktif untuk melatihkan kemampuan penalaran aljabar siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1562–1577.

Jihad, A, Susilawati, W, & Sobarningsih, N. 2018. Improving mathematical understanding ability student through study of mobile learning mathematics base on the android. Proceeding of 3rd Annual Applied Science and Engineering Conference (AASEC). Bandung: 18 April 2918. 1-4.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Pembinaan dan pengembangan profesi guru buku 4 pedoman kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru pembelajar. Jakarta: Kemdikbud.

Latif, Abdul, Utaminingsih, Sri, & Su’ad. 2021. Student's response to smart apps creator media based on the local wisdom of mantingan mosque jepara to increase the understanding on the concept of geometry in elementary school. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 5(4). 1079-1084.

Maryam, Masykur, Rubhan, & Andriani, Siska. 2019. Pengembangan e-modul matematika berbasis open ended pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 1-12.

Pusat Penilaian Pendidikan Kemdikbud. 2019. Laporan hasil ujian nasional TP. 2018/2019 persentase siswa yang menjawab benar. 1 Juni, 2021. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smk!daya_serap!19&01&0186!T&03&T&T&1&unbk!3!&

Ramadhani, Rahmi, & Fitri, Yulia. 2020. Validitas e-modul matematika berbasis EPUB3 menggunakan analisis rasch model. Jurnal Gantang, 2, 95-111.

Rochsun & Agustin, Ririn Dwi. 2020 The development of e-module mathematics based on contextual problems. European Journal of Education Studies, 7(10), 400-412.

Rohman, Moch. Fatkoer. 2018. Pengembangan emodul format epub sebagai media pembelajaran kaidah pencacahan. Disampaikan pada Lomba Inovasi Pembelajaran Level Pemula Bagi Guru Jenjang Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2018. Jakarta: Kemdikbud.

Roskaputri, F., Mardiyana, M., & Fitriana, L. 2021. Pengembangan e-modul matematika menggunakan liveworksheets sebagai bahan pembelajaran mandiri pada masa pandemic covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2030-2040.

Sesanti, Nyamik Rahayu, Marsitin, Retno, & Agustina, Rini. 2018. Upaya meningkatkan peran MGMP matematika SMK kabupaten Malang melalui pelatihan pembuatan e-modul matematika SMK. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 165-173.

Siswanto, Rizki Dwi, Hilda, Atiqah Meutia & Azhar, Ervin. 2019. Development combinatorics realistic mathematics education application based on the android mobile. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(6), 123-140.

Sofyan, H., Anggereini, E., & Saadiah, J. 2019. Development of e-modules based on local wisdom in central learning model at kindergartens in Jambi city. European Journal of Educational Research, 8(4), 1137-1143.

Suci, Nur, Arnellis, & Rosha, Media. 2014. Model matematika kerusakan sumber daya hutan di Indonesia. UNP Journal of Mathematics, 2(1), 31-36.

Thiagarajan, Sivasailan, Semmel, Dorothy S., & Semmel, Melvyn I. 1974. Instructional development for trining teacher of exceptional children: A source book. Washington D.C.: National Center for Improvement of Educational System.

Thrum, Daniel & Barzel, Bärbel. 2021. Teaching mathematics with technology: a multidimensional analysis of teacher beliefs. Educational Studies in Mathematics.

Utami, Taza Nur, Jatmiko, Agus, Suherman. 2018. Pengembangan modul matematika dengan pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (STEM) pada materi segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1 (2), 165-172.

Williamson, Ben, Macgilchrist, Felicitas, & Potter, John. 2021. Covid-19 controversies and critical research in digital education, Learning, Media and Technology, 46(2), 117-127.

Zahedi. 2018. Model graph untuk penyelesaian konflik pengelolaan sumber daya hutan yang berkelanjutan. Disertasi. S3 Ilmu Matematika Universitas Sumatera Utara.


Article Metrics

Abstract view : 247 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.