Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V UPTD SD Negeri 15 Kota Parepare

Yulia Yulia(1*), Abdul Hakim(2), Kamaruddin Kamaruddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa di kelas V UPTD SD Negeri 15 Kota Parepare belum mencapai SKBM. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan proses belajar matematika tentang bangun ruang siswa di kelas V UPTD SD Negeri 15 Kota Parepare? dan Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun ruang siswa di kelas V UPTD SD Negeri 15 Kota Parepare?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar Matematika tentang Bangun Ruang siswa di kelas V UPTD SD Negeri 15 Kota Parepare melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat persentase hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi akhir pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V UPTD SDN 15 Parepare tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 13 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan II, diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 70,3 untuk siklus I dan untuk siklus II sebesar 82,39. Kemudian pada siklus I sebanyak 10 siswa telah mencapai SKBM. Sedangkan pada siklus II sebanyak 20 siswa telah mencapai SKBM. Hal ini menunjukkan bahwa proses dan hasil belajar matematika tentang bangun ruang siswa di kelas V UPTD SD Negeri 15 Kota Parepare mengalami peningkatan.

  Kata Kunci: Think Talk Write, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Djamarah, S. B., & Zain, A. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Juri, & Suparno. 2020. Pendidikan & Politik. Jawa Timur: CV Pustaka Abadi.

Mamik. 2015. Metodologi Kuantitatif. Sidoarja: Zifatama Publisher.

Ritna. 2013. Meningkatkan Hail Belajar Sisa Kelas IV dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Media Gambar di SD Inpres. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 1,1.

Siyoto, S., & Sodik, A. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sudirman, & Maru, R. 2016. Implementasi Model dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas.Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Tim Dosen STT Jaffray(2016. Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.


Article Metrics

Abstract view : 106 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.