Deskripsi Keterampilan Resiliensi Akademik Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Makassar

Sitti Saenab(1*), Nurhayani H Muhiddin(2), Salma Samputri(3), Wulandari Wulandari(4), Asriani Asriani(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi keterampilan resiliensi akademik peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 18 Makassar. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 18 Makassar sebanyak 301 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah 86 peserta didik. Instrument penelitian berupa angket keterampilan resiliensi akademik. Teknik pengumpulan data yaitu pemberian angket secara online melalui google form. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Nilai rata-rata keterampilan resiliensi akademik peserta didik yaitu 73% berada pada kategori tinggi dengan persentase masing-masing aspek yaitu aspek regulasi emosi 71%, aspek pengendalian dorongan 71%, aspek optimis 72%, aspek analisis penyebab masalah 71%, aspek empati 77%, aspek efikasi diri 74%, dan aspek kemampuan meraih apa yang diinginkan 76%.

 

 

Kata Kunci: Resiliensi Akademik, Mata Pelajaran IPA, Siswa SMP

Full Text:

PDF

References


Agasisti, T., Avvisati, F., Borgonovi, F., & Longobardi, S. (2018). Academic resilience: What schools and countries do to help disadvantaged students succeed in PISA.

Al Siebert . (2005). The Resiliency Advantage. Portland: Practical Psychology Press

Brooks, J. (2011). The process of parenting. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Junita, M., Syahriman, S., & Herawati, A. A. (2021). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Cognitive Restructuring Terhadap Resiliensi Siswa di Kelas IX G SMP Negeri 12 Kota Bengkulu. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 4(2), 169-180.

Khomsah, N. R., Mugiarso, H., & Kurniawan, K. (2018). Layanan konseling kelompok untuk meningkatkan resiliensi siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 7(2), 46-53.

Murtiningrum, D., & Pedhu, Y. (2021). Resiliensi Akademik Siswa/Siswi Kelas VII Dan VIII Sekolah Menengah Pertama Santo Andreas Tahun Ajaran 2020/2021. Psiko Edukasi, 19(2), 166-181.

OECD. PISA. 2015. Collaborative problem solving framework. OECD; 2017. Accessed Maret 1, 2022 https://bit.ly/3hgWY8e.

Oktaverina, S. (2021). Perbedaan Resiliensi Individu Dengan Status Sosial Ekonomi Rendah Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(2).

Pascoe, M. C., Hetrick, S. E., & Parker, A. G. (2020). The impact of stress on students in secondary school and higher education. International Journal of Adolescence and Youth, 25(1), 104-112.

Rasmanah, M. (2020). Resiliensi dan Kemiskinan: Studi Kasus. Intizar, 26(1), 33-44.

Reivich, Karen & Andrew, Shatte. (2002). Recilience Factor. New York: Broadway Books

Riduwan. (2004). Metode Riset. Jakarta : Rineka Cipta

Riduwan. 2014. Dasar – dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

World Health Organisation. (1996). Health Promoting Schools. Manilla, Spain.


Article Metrics

Abstract view : 92 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.