Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 28 Kota Parepare

Lukman Ali(1*), Musfirah Musfirah(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa dan Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media Pop-up book terhadap  hasil belajar PAI siswa Kelas V UPTD SD Negeri 28 Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimental designs bentuk one-group pretest-posttest. Variabel bebas penelitian ini yaitu media pop-up book (X) dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa (Y). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V UPTD SD Negeri 28 Kota Parepare yang berjumlah 22 siswa, teknik probability sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum pemberian treatment (pretest) hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata 50,91 dan setelah pemberian treatment (posttest) menjadi 83,64. Hasil dari pengujian hipotesis dengan  menggunakan bantuan aplikasi SPSS dengan teknik paired sample t-test didapatkan signifikansi 0,000 dimana 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pop-up book berpengaruh positif terhadap hasil belajar PAI siswa tentang keteladanan Nabi Muhammad saw. di kelas V UPTD SD Negeri 28 Kota Parepare.

 

 

Kata Kunci: Media Pop Up Book, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Aghini, Ilyasa, Rizki. 2018. Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.Vol XVI (1).

Arum, Rizky, Adinda, Sekar & Yuanta, Friendha. 2019. Pengaruh Media Pop-up book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Universitas Wijaya Kusuma. Surabaya.

Hasanah, Uswatun. 2019. Pengaruh Media Pop-up book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 99 Kota Bengkulu. Bengkulu.

Hidayah, Nurul. 2015. Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol 2 (1).

Karo-karo, Rasyid, Isran, & Rohani. 2018. Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM. Vol VII (1).

Lubis, Sari, Mayang. 2018. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish. Mawardi. 2014. Pemberlakuan Kurikulum SD/MI Tahun 2013 Dan Implikasinya Terhadap Upaya Memperbaiki Proses Pembelajaran Melalui PTK. Scholaria. Vol. 4 (3).

Mukhid, Abdul. 2021. Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Muklis, Mohamad. 2012. Pembelajaran Tematik. Fenomena. Vol IV (1).

Musfirah, Maryam, St & Yunasr, Devi, Astri. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Pop-up book Terhadap Hasil Belajar Siswa Terkait Materi Perpindahan Kalor. Jurnal Of Education. Vol 1 (1).

Najahah, Iftitahun, & Oemar, Eko, Agus, Basuki. 2016. Perencanaan Buku Pop- up Sebagai Media Pembelajaran Tentang Rumah Dan Pakaian Adat Nusantara Di Jawa. Jurnal Pendidikan Seni Rupa. Vol 4 (3).

Nengsi, Refita. 2019. Pengembangan Media Pop-up book Untuk Meningkatkan Kemampuan Koginitif Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita. STKIP Bina Bangsa Getsempena. Banda Aceh.

Nur, Alfiani, Melinda., WS, Rustono, & Lidinilla, Dindin, Abdul, Muis. 2017. Pengembangan Media Pop-up book Pada Pembelajaran IPS Tentang Kerajaan Dan Peninggalan Sejarah Islam Di Indonesia Di Kelas V Sekolah Dasar. Pedadidaktika. Vol 4 (2).

Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat. Vol 3 (1).

Payadnya. I. P. A. A. & Jayantika. I. G. A. N. T. 2018. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Pranowo, Endro, Eka., Siahan, Parsaoran, & Setiawan Wawan.2017. Penerapan Multimedia Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perpindahan kalor Siswa Kelas VII. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika. Vol 2 (1).

Rohani. 2019. Media pembelajaran. Universitas Islam Negeri. Sumatera Utara. Saat, Sulaiman & Mania, Sitti. 2020. Pengantar Metodologi Penelitian. Gowa: Pusaka Almaida.

Sari, Yuliana, Eka. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop- up book Terhadap hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Bendungan Kecamatan Gondang kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan Dasar.Vol 3 (2).

Siyoto, Sandu & Sodik, Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Syahrum & Salim. 2012. Metodologi Penelitian kuantitatif. Bandung. Citapustaka Media.

Undang-Undang Republik Indonesia. No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Widyaningrum, Retno. 2012. Model Pembelajaran Tematik Di Mi/SD. Cendekia. Vol. 10 (1).

Yunarsi, Devi, Astri., Musfirah, & Maryam. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Pop-up book Terhadap hasil Belajar Siswa Pada Materi Perpindahan Kalor. Journal Of Education. Vol 1 (1).


Article Metrics

Abstract view : 140 times | PDF view : 129 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.