Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teknik Digital dan Analog pada Program Studi Pendidikan Vokasional Mekatronika FT-UNM

Fajar Arwadi(1*), Faisal Najamuddin(2), Retyana Wahrini(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangan perangkat pembelajaran mata kuliah Teknik Digital Dan Analog Pada Program Studi Pendidikan Vokasional Mekatronika FT-UNM; (2) mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran mata kuliah Teknik Digital Dan Analog Pada Program Studi Pendidikan Vokasional Mekatronika FT-UNM; (3) mengetahui respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan Model 4D menurut Thiagarajan yang meliputi: (1) define (pendefinisian); (2) design (perancangan); (3) develop (pengembangan); (4) disseminate (penyebarluasan). Data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement, sedangkan relibailitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) hasil pengembangan perangkat yang sesuai untuk pembelajaran Teknik Digital Dan Analog Pada Program Studi Pendidikan Vokasional Mekatronika FT-UNM; (2) hasil penilaian tingkat kelayakan perangkat pembelajaran menurut ahli materi, modul memperoleh rata-rata 74,5 dengan persentase 75% sehingga masuk dalam kategori “Sangat Layak” sedangkan Jobsheet memperoleh rata-rata 74 dengan persentase 74% sehingga masuk dalam kategori “Sangat Layak” dan menurut ahli media, modul memperoleh rata-rata 86 dengan persentase 93% sehingga masuk dalam kategori “Sangat Layak”, sedangkan Jobsheet memperoleh rata-rata 79 dengan persentase 90% sehingga masuk dalam kategori “Sangat Layak”; (3) respon peserta didik memperoleh rata-rata 66,1 dengan persentase 83% kategori “Sangat Baik” untuk modul dan Jobsheet memperoleh rata-rata sebesar 65,27 dengan persentase 82% kategori “Sangat Baik”.

 

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Model 4D, Teknik Digital dan Analog

Full Text:

PDF

References


Ali Mudhlofir. (2015). Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajagrafindo.

Ananda Gunadharma (2014). Pengembangan Modul Elektronika Sebagai Sumber Belajar Untuk Mata Kuliah Multimedia Design. Jakarta: Skripsi UNJ .

Arsyad, Azhar (2018). Media Pembelajaran. Rev.ed. jakarata : PT Raja Grafindo Persada.

Isjoni. (2014). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nazzaruddin. (2007). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Sudarwan Danim. (2015). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suhaidi (2015). Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Zuhdan. (2017). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.