Kemampuan Mendiagnosa Kerusakan Chasis Kendaraan Ringan Mahasiswa PTO FT UNM

Syafriuddin Parerengi(1*), Andi Zulfikar Yusuf(2), Muhammad Iskandar Musa(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan mahasiswa jurusan PTO FT UNM dalam hal ini endiagnosa kerusakan yang terjadi pada chasis kendaraan ringan secara keseluruhan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Teknik otomotif FT UNM yang telah melulusi mata kuliah chasis dan diagnosa otomotif mulai angkatan 2017 sampai 2021, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampel. Teknik analisis datayang digunakan adalah statisti deskriptif dengan kecenderungan variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa jurusan PTO FT UNM dalam hal mendiagnosa kerusakan yang terjadipada; (1) keseluruhan chasis kendaraan ringan sebagian besar kemampuan mahasiswa berada pada kategori cukup mampu dan mampu (2) sistem kemudi sebagian besar mahasiswa berada pada kategori mampu dan sangat mampu (3) sistem suspensi sebagian besar pada kategori mampu(4) sistem rem berada pada kategori mampu(5)sistem FWA sebagian besarpada kategori mampu dan sangat mampu.

 

 

Kata Kunci: Diagnosa, Sistem Chasis, Kendaraan Ringan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. A., Bugis, H. & Subagsono. (2013). Pengaruh Jumlah Ignition Booster padaKabel Busi dan Penambahan Metanol dalam Premium terhadap Konsumsi Bahan Bakar pada Yamaha Mio Sporty Tahun 2007. Surakarta : NOSEL, Vol 2 No 1, Juli 2013 ,UNS.

Dadan Kuswaraharja (2018). Lima Gejala Kerusakan pada Rem. detikOto. https://oto.detik.com/tips-and-tricks-mobil/d-4007059/5-gejala-kerusakan-pada-rem. Diakses 20 September 2022

Dealer Honda (2020). Tanda-Tanda Mobil Sudah Harus Spooring dan Balancing https://hondaoutsidejava.co.id/info-terkini/bahaya-inilah-tanda-tanda mobil-sudah-harus-spooring-dan-bal. Diakses 20 September 2022

Edy Susilo Widodo dan Eko Surjadi (2015). Troubleshooting Sistem Pengapian Konvensional Motor Bakar Gasoline Empat Silinder 4 Tak. Prosiding SNST ke-6 Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Faisal Abid dan Suwahyo (2017). Penerapan Aplikasi Trouble Shooting untuk Membantu Mendeteksi Masalah Kerusakan Ringan pada Sepeda Motor Matic Konvensional. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol. 17, No. 1, Juni 2017 (16-19).

Garda Oto (2020) Cara Mendiagnosa Kerusakan Pada Mesin Mobil. https://www.gardaoto.com/ knowledge-post/cara-mendiagnosa-kerusakan-pada-mesin-mobil. Diakses 29 April 2021.

Hermawan (2020). Mengetahui Kerusakan Motor Lewat Asap Knalpot. https:// www.tagar.id/mengetahui-kerusakan-motor-lewat-asap-knalpot. Diakses 22 Oktober 2022

Juliandi (2018). Menganalisa Kerusakan pada Sistem Kemudi Mobil. https:// www.lksotomotif.com/2018/09/menganalisa-kerusakan-pada-sistem.html. Diakses 20 September 2022.

Ririn Indriani (2017). Lima Masalah yang Sering Terjadi Pada Suspensi Mobil: Suara.Com. https://www.suara.com/otomotif/2017/04/24/141241/ lima-masalah-yang-sering-terjadi-pada-suspensi-mobil. Diakses 20 September 2022

Saifuddin Azwar. (2010). Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitataif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tim Dosen Mata Kuliah Diagnosis Kendaraan (2005) Modul Belajar Diagnosis Kendaraan. Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Wachid Yahya (2016). Analisis Kerusakan yang Terjadi pada Komponen Chasis dan Pemindah Daya Mobil di General Repair PT. Toyota Nasmoco Magelang. Jurnal AUTINDO Politeknik Indonusa Surakarta ISSN : 2442- 7918 Vol. 1 Nomor 3 Juni 2016 (56-58)


Article Metrics

Abstract view : 169 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.