Keefektifan Pembelajaran Menyimak Kreatif dengan Gaya Terapi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektif atau tidaknya pembelajaran menyimak kreatif dengan gaya terapi dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa baru Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia UNM (Prodi BSI). Penelitian ini bersifat eksprimen jenis pretest-posttest only control group design. Variabel independen penelitian ini adalah pembelajaran menyimak komprehensif (dengar-tanya), sedangkan variabel dependennya adalah hasil belajar bahasa Indonesia mahasiswa baru Prodi BSI sebanyak 50 orang. Sampel penelitian ini dikelompokkan ke dalam dua kelompok, yaitu mahasiswa kelas A sebanyak 25 orang sebagai kelas eksprimen dan mahasiswa kelas B sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan mengumpulkan data adalah tes tertulis. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial parametrik jenis Paired Sampel T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung yang diperoleh sebesar 8,266 dengan Sig (2 tailed)= 0,000. Pada taraf signifikan 95% dengan d. b. 25 diperoleh t tabel = 1,71. Jadi, t hitung (8,266) > t tabel (1,71) atau sig (2 tailed) (0,000) < ( 0,05). Berdasarkan perhitungan di atas, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menyimak kreatif dengan gaya terapi efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa Prodi BSI FBS UNM.
Kata Kunci: Keefektifan, Menyimak Kreatif, Gaya Terapi, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Alam, S., & Anna, D. N. (2021). Interaksi Sosial Kelompok Masyarakat Islam & Kristen di Kelurahan Bombongan, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja. Sosioreligius, 6(2), 106-115.
Ansori, M. (2020). Pengembangan Kurikulum Madrasah di Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 41-50.
Budiarti, W. N., & Riwanto, M. A. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E Modul) Keterampilan Berbahasa dan Sastra Indonesia SD Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8, 97-104.
Dani, J. A., & Mediantara, Y. (2020). Covid-19 dan perubahan komunikasi sosial. Persepsi: Communication Journal, 3(1), 94-102.
DePorter, Bobbi, dan Mike Hernacki, terjemah oleh Alwiyah Abdurahman. 1999. Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
DePorter, Bobbi, Mark Reardon, dan Sarah Singer-Nourie, terjemah oleh Ary Nilandari. 2000. Quantum Teaching, Mempraktekkan Quantum Leraning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa
Evert, D. P. (2021). Komunikasi Interpersonal dalam Konsultasi Dokter Estetika dengan Pasien Melalui Media Sosial Whatsapp. Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi), 1(2), 127-136.
Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157.
Jurdil, R. R., Aryani, E. A., Geminiawati, W., Abdilah, D. A., Pebriani, R., Nursalam, S., ... & Caturiasari, J. (2021). Webinar Solusi Meningkatkan Kreativitas Menulis Anak Sekolah Dasar Upaya Memaksimalkan Pembelajaran Daringdi Masa Pendemi Covid-19. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 1(1), 71-84.
Noermanzah, N. (2019). Bahasa sebagai alat komunikasi, citra pikiran, dan kepribadian. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 306-319).
Purba, B., Banjarnahor, A. R., Kurniullah, A. Z., Handiman, U. T., Setiawan, Y. B., Hastuti, P., ... & Jamaludin, J. (2021). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yayasan Kita Menulis.
Rost, Michael. 2016. Aksi Menyimak: Membangun Aktivitas Menyimak dalam Pembelajaran Bahasa. Diterjemahkan oleh Brotowidjojo, Mukayat. Jakarta: Grasindo.
Sutari, Ince K.Y., dkk. 1997. Menyimak. Proyek Penataran Guru Sekolah Dasar, Depdikbud, Jakarta.
Tarigan, H.G. dan Djago Tarigan. 1997. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Utari, Sri dan Subyakto Nababan. 1993. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Article Metrics
Abstract view : 58 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.