Implikatur Percakapan dalam Bahasa Toraja Dialek Gandangbatu

Nensilianti Nensilianti(1*), Ambo Dalle(2), Mahmudah Mahmudah(3), Sarce Liling(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implikatur percakapan dalam bahasa Toraja dialek Gandangbatu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian ini adalah bahasa Toraja dialek Gandangbatu, sedangkan sumber datanya adalah sumber data lisan, yaitu wacana lisan yang dituturkan oleh penutur asli bahasa Toraja dialek Gandangbatu sebanyak lima orang. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik obsevasi, teknik pencatatan, dan teknik intropeksi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikatur percakapan dalam bahasa Toraja dialek Gandangbatu yang diperoleh dari wacana lisan meliputi:  (1) implikatur yang menyatakan penolakan suatu ajakan atau permintaan,    2) implikatur yang menyatakan perintah atau suruhan, (3) implikatur yang menyatakan alasan atas suatu pertanyaan, (4) implikatur yang menyatakan jawaban dengan mengimplikasikan pada objek yang lain, (5) implikatur yang menyatakan sindiran atas perbuatan atau tindakan  orang lain, dan (6) implikatur yang menyatakan suatu kecaman atau penilaian. Maksim yang digunakan untuk mengungkapkan dan memahami implikatur percakapan dalam bahasa Toraja dialek Gandangbatu meliputi: maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, dan maksim cara. Dari hasil penelitian tersebut penulis menyarankan agar hasil peneltian ini dapat dijadikan bahan pengembangan pengajaran bahasa Toraja sebagai muatan lokal.

 

 

Kata Kunci: Implikatur Percakapan, Bahasa Toraja, Dialek Gandabatu

Full Text:

PDF

References


A'ban, J. G., Darwis, M., & Nurhayati, N. (2022). Pemerolehan Bahasa Kedua Aspek Fonologi Anak Usia 4-5 Tahun di Toraja. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 3(1), 1-16.

Bambang, Y. C., (1990). Kristal-Kristal Ilmu Bahasa. Surabaya: Airlangga University Press.

Dedy, F. (2022). Pola Interaksi Sosial Masyarakat Muslim dan Non-Muslim di Kelurahan Tengan Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Harziko, H. (2019). Modus Tindak Tutur Ekpresif dalam Transaksi Jual-Beli di Pasar Tradisional Kota Baubau: Tinjauan Pragmatik (Modus Speech Act in The Interaction of Selling-Buying in Traditional Market of Baubau City: A Pragmatic Study). TOTOBUANG, 7(1), 57-71.

Hotimah, H. (2020). Implikatur Non-Konvensional dalam Film Rudy Habibie Karya Sutradara Hanung Bramantyo (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Madura).

Madeamin, S. (2021). Analisis Cerita Rakyat Toraja Massudilalong Sola Lebonna Melalui Pendekatan Struktural. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 772-788.

Mangera, E. (2013). Nilai Pendidikan dalam Komunikasi Fatis Masyarakat Toraja Sa’dan Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 319-332.

Mustikawati, D. A. (2016). Alih kode dan campur kode antara penjual dan pembeli (Analisis pembelajaran berbahasa melalui studi sosiolinguistik). Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 23-32.

Nusantari, A. P., & Rokhman, F. (2016). Kode Tutur Verbal Penutur Asing dalam Ranah Sosial Masyarakat Dwibahasawan. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1).

Octaviana, L. P., Fatmawati, E., Nugraha, A. P. H. S., Wardani, D. N. K., Bakoil, M. B., Rahmawati, S., ... & Hernanto, F. F. (2022). Kupas tuntas seputar komunikasi dalam praktik kebidanan. Rena Cipta Mandiri.

Purwa, I. M. (2015). Implikatur dan Retorika Pemakaian Bahasa pada Iklan Papan Nama. Aksara, 27(1), 13-24.

Simamora, P. R. T. (2021). Komunikasi Organisasi. Yayasan Kita Menulis.

Stambo, R., & Ramadhan, S. (2019). Tindak tutur ilokusi pendakwah dalam program damai Indonesiaku di TV One. BASINDO: jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya, 3(2), 250-260.

Syafie, I. K. (1999). Ilmu Administrasi Publik Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Wahyuningsih, I., & Gustania, R. R. (2021). Disclosing Deceitful Behavior in Aladdin (2019): The Characters’ Violation of Grice’s Maxims. KnE Social Sciences, 353-367.

Wang, H. (2007). Cultural Shades of Grice's Cooperative Discourse Principle. The American Journal of Semiotics, 17(1), 237-252.

Washfah, A., & Karim, A. (2021). Implikatur dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMPN 3 Sindue. JURNAL SENARAI BASTRA, 1(3), 214-223.


Article Metrics

Abstract view : 84 times | PDF view : 796 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.