Pengembangan Micro-Learning Media Pada Mata Kuliah Termodinamika untuk Mahasiswa Jurusan Fisika

Kaharuddin Kaharuddin(1*), Ahmad Dahlan(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian adalah Desain Pengembangan RnD yang bertujuan untuk (1) Mengetahui bentuk Media Pembelajaran Microlearning yang dapat diterapkan pada Mata Kuliah Termodinamika, dan (2) Mengetahui kualitas dari Media Pembelajaran Microlearning pada Mata Kuliah Termodinamika. Produk dari penelitian adalah media microlearning yang terdiri dari 4 jenis media yakni (1) materi ajar, (2) Slide pembelajaran berbasis Asynchronous, (3) Inforgrafic, dan (4) Video Explainer. Microlearning media dikembangkan untuk: (1) Sistem dan Lingkungan Termodinamika, (2) Energi Panas, (3) Hukum-Hukum Keadaan Termodinamika (4) Usaha dan Proses termodinamika, (5) Teori Kinetika Gas, (6) Hukum Termodinamika I, (7) Analisis Sistem Termodinamika sistem terbuka, (8) Hukum II Termodinamika, (9) Mesin Termodinamika, dan (10) Entropy. Hasil uji pakar menunjukkan skoar paling rendah 80 pada (1) Aspek grafis untuk media Slide Asyncronous, (2) Tampilan universal untuk media Infrografis dan Vide Explainer dan (3) Kebahasaan pada media Video Explainer. Hasil ini menunjukkan jika seluruh aspek masik dalam kategori sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran berdasarkan kriteria kelayakan media oleh Standar Kriteria Kelayakan 5 poin oleh Arikunto (2009) dan standar ke validan oleh Riduwan (2010).

 

 

Kata Kunci: Micro Learning, Termodinamika

Full Text:

PDF

References


Amadea, K & Ayuningtyas, M.D. (2020). Perbandingan Efektivitas Pembelajaran Sinkronus dan Asinkronus Pada Materi Program Linear. Jurnal Primatika, (2622-0911) Vol. 9, No. 2, Desember 2020.

Dahlan, Ahmad (2022). Synchronous dan Asynchronous Learning Dalam Pembelajaran Online. Diakses melalui lama https://ahmaddahlan.net/synchronous-dan-asynchronous-learning-dalam-pembelajaran-online pada tanggal 6 Maret 2022.

Giurgiu, L. (2017). Microlearning an evolving e-learning trend. Scientific Bulletin, 22(1), 18–23.

Graham, Charles R. 2004. Blended Learning Systems: Definition, Current Trends, and Future Directions. Dalam Bonk, C.J. & Graham, CR.Eds. Impress” Handbook Of Blended Learning:Global Persepektives, local designs. San Fransisco CA: Pfeiffer Publishing.

Kasatra, Arifia (2014). Pengertian Synchronous dan Asynchronous. URL : http://tkj.arka.web.id/2014/11/pengerti an-syncronous-dan-pengertian.html. Maret.

Lalima, Kiran Lata Dangwal, (2017) “Blended Learning: An Inovative Approach” Universal Journal Of Educational Reserch.

Liu, J., Han, J., & Zhang, Q. (2011). The architecture design of micro-learning platform based on cloud computing. Proceedings of the 2011 International Conference on Innovative Computing and Cloud Computing, 80–83. ACM

Mercurio, M., Torre, I., & Torsani, S. (2011). Design of Adaptive Micro-Content in Second Language Acquisition. Journal of E-Learning and Knowledge Society, 7(3), 109–119.

Sirwan Mohammed, Gona & Wakil, Karzan & Nawroly, Sarkhell. (2018). The Effectiveness of Microlearning to Improve Students’ Learning Ability. International Journal of Educational Research Review. 3. 32-38. 10.24331/ijere.415824.

Stephansen, H. C., & Couldry, N. (2014). Understanding micro-processes of community building and mutual learning on Twitter: a ‘small data’approach. Information, Communication & Society (1212–1227), Vol. 17 No. 10.

Susilana, R., Si, M., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. CV. Wacana Prima

Svinicki MD, McKeachie WJ. McKeachie’s Teaching Tips: Strategies, Research and Theory for College and University Teachers. Boston, MA: Houghton-Mifflin, 2013.

Thiagarajan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System


Article Metrics

Abstract view : 365 times | PDF view : 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.