Pengembangan Media Pembelajaran Zat Dan Energi Berbasis Miniature Project Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif

Rifda Nur Hikmahwati Arif(1*), Hasanuddin Hasanuddin(2), Arie Arma Arsyad(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujan untuk menghasilkan produk media pembelajaran Zat dan Energi berbasis Miniature Project yang valid, reliabel, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian Research. and Development dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi langsung, lembar penilaian validasi produk, instrument test penilaian keterampilan berpikir kreatif untuk melihat keefektifan produk, dan lembar penilaian kepraktisan produk. Subyek penelitian merupakan seluruh mahasiswa pada Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNM yang mengikuti perkuliahan Zat dan Energi pada Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reabilitas, kepraktisan dan keefektifan. Selanjutnya hasil penelitian diperoleh: (1) pengembangan media pembelajaran berbasis Miniature Project dapat dikatakan sangat valid dengan skor rata-rata penilaian 3,41, (2) pengembangan media pembelajaran berbasis Miniature Project dapat dikatakan reliabel dengan percentage of agreement (R) di atas 75% atau 0,75, (3) keefektifan pengembangan media pembelajaran Zat dan Energi berbasis Miniature Project ditinjau dari nilai aktivitas keterampilan berpikir kreatif mendapat rata-rata 3,25 dengan kategori sangat efektif, (4) kepraktisan pengembangan media pembelajaran Zat dan Energi berbasis Miniature Project dapat dikatakan sangat praktis dengan rata-rata 4,3.

 

 

Kata Kunci: Miniature Project, Keterampilan Berfikir Kreatif


Full Text:

PDF

References


Abidin, J., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 779. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p779- 784.

Arnyana. (2007). Pengembangan Peta Pikiran Untuk Peningkatan Kecakapan Berpikir Kreatif Peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, No. 3 hal 673.

Borich, G. (1994). Observationskill for effectiveteaching. New York: Mac MillanPublishing Company.

Fitrianingsih, N., Hardiansyah, H., Suciyati, S., Fitriati, I., & Afriani, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis AVS Video Editor pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(1), 85-90.

Guilford, J.P. (1967). The Nature of Human Intelligence. New York: McGraw-Hill.

Hobri. (2009). Metodologi Penelitian dan Pengembangan (Dvelopmental Research) (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: FKIP Universitas Jember.

Kochhar, S.K. (2008). Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Noviyanti, S. & Hamidi. (2019). Pengembangan Media Miniatur Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, Vol. 4 No.2.

Nurhayati, N & Rahardi, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Volume 4, No. 2.

Sani. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Silmi, M. Q., & Rachmadyanti, P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Tentang Persiapan Kemerdekaan Ri Sd Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4), 486–495.

Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sutopo. (2012). Teknologi dan Informasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Article Metrics

Abstract view : 99 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.