Jangkar Emosi “Genius” pada Model Hypnoteaching pada Pembelajaran Matematika

Djadir Djadir(1*), Ja’faruddin Ja’faruddin(2),

(1) Jurusan Matematika FMIPA UNM
(2) Jurusan Matematika FMIPA UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teknik pemrograman jangkar emosi “genius” yang efektif dan efesien pada model hypnoteaching dalam pembelajaran matematika.. Jangkar emosi Genius adalah salah satu langkah dalam model pembelajaran hypnoteaching yang dilakukan sebelum pembelajaran di mulai dengan kata lain teknik ini bisa dilakukan diluar pembelajaran atau lebih tepatnya bila dilakukan dihari pertama pembelajaran, dengan melakukan serangkaian
langkah-langkah pemrograman yang akan menuntun siswa/mahasiswa masuk kedalam tidur hypnotic untuk dilakukan pemrograma pikiran bawah sadar pada siswa berupa jangkar emosi yang pada saat siswa/mahasiswa sadar dan menjalani proses pembelajaran matematika, yang membuat siswa/mahasiswa bersemangat dan focus dalam belajar. Hypnoteaching adalah teknik memaksimalkan pikiran bawah sadar siswa/mahasiswa pada saat pembelajaran matematika, sehingga selama
pembelajaran dari awal sampai akhir, kondisi siswa/mahasiswa dapat dikendalikan untuk selalu termotivasi dan memiliki perhatian penuh pada pembelajaran yang sedang diikuti serta membuat siswa/mahasiswa mampu menyerap materi pelajaran secara cepat dan bertahan lama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti metode pengembangan menurut Plomp (1997) yang terdiri dari lima fase (dan kriteria Nieveen (1999), yaitu memenuhi validitas, praktibilitas, dan efektivitas. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan matematikan pada Mata Kuliah Persamaan Differensial biasa. Hasil penelitian diperoleh Produk hasil pengembangan berupa Protokol pemrograman untuk pembentukan jangkar ”genius” pada mahasiswa. Langkah-langkahnya adalah, test suggestifitas, duduk dengan rileks, memanfaatkan pola nafas dan hitungan menurun untuk rileks, mengakses tempat ketenangan, mengakses memori yang memberdayakan, menggandakan emosi positif yang diharapkan, pembentukan jangkar , pengalihan fokus dan test hasil pemrograman. Hasil pengembangan model pemrograman, didapatkan protokol pembetukan jangkar emosi “ Genius” yang valid, Praktis dan efektif.

Kata kunci: Hipnoteaching, Jangkar Emosi “Genius”

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 300 times | PDF view : 110 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.