Minat Kuliah di Jurusan Psikologi dan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Angkatan 2021 Fakultas Psikologi

Eva Meizara Puspita Dewi(1*), Astiti Tenriawaru Ahmad(2), Rezky Winanda(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mahasiswa dituntut untuk bertanggung jawab menjadi  dewasa dan memiliki prestasi yang baik sehingga  mampu menyelesaikan tugas yang diberikan. Hasil akhir yang diperoleh dari proses belajar akademik di perguruan tinggi berupa skor yang disebut Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi IPK atau prestasi akademik ini, diantaranya adalah minat. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan prestasi akademik ditinjau dari minat kuliah di jurusan Psikologi. Penelitian ini memotret potensi mahasiswa baru Angkatan 2021 Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassara (UNM) yang berjumlah 427 orang. Instrumen yang digunakan angket. Sedangkan, data dianalisis menggunakan statistik SPSS dengan teknik analisis regresi dan implikasinya dijadikan dasar untuk melihat minat mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan antara minat kuliah di Jurusan Psikologi dengan prestasi belajar pada Mahasiswa Angkatan 2021 Fakultas Psikologi UNM.

 

Kata kunci : Mahasiswa, Minat, Prestasi Akademik.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Anggresta, V. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Journal of Economic and Economic Education. 4(1). Doi: http://dx.doi.org/10.22202/economica.2015.v4.i1.325.

Azmi, Q. R. (2011). Hubungan antara tingkat kecerdasan (IQ), motivasi belajar berprestasi, dan minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa semester II kelas XI IPA SMA Negeri 1 Porong. Skripsi. Fakultas Tarbiyah: Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampela Surabaya.

Azwar, S. (2018). Metode penelitian psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Crow, L. Crow, A. 1973. General Psikologi. Totowa. New Jercy : Littlefield. Adams and Co.

Dikti. (2019). Undang-Undang RI No. 12 tahun2012 tentang pendidikan tinggi.

Huda, T. N., & Mulyana, A. (2018). Pengaruh adversity quotient terhadap prestasi akademik mahasiswa angkatan 2013 Fakultas Psikologi UNI SGD Bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1). Doi: 10.15575/psy.v4i1.1336.

Hurlock, Elizabeth, B. 2010. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Jaradat, M. (2017). Reasons Influence Students' Decisions to Change College Major. International Journal of Humanities and Social Science, 7(3), 223-238.

Kamagi, W. M., Memah, V., & Ticoh, J. D. (2021). Hubungan kuliah daring dan minat belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pendidikan teknik elektro. Jurnal Edunitro, 1(2), 9-18.

Komarraju, M., Nadler, D. 2013. Self-efficacy and academic achievement: Why do implicit beliefs, goals, and effort regulation matter?. Learning and Individual Differences, 25, 67-72. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2013.01.005

Lutfiyah, Z., Utaya, S., Susilo, S. (2016). Hubungan antara minat menjadi guru dengan prestasi belajar mahasiswa. Jurnal pendidikan geografi, 21(2) 8-16.

Manurung, M. (2019). Analisis jalur terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa satistika 2018 FMIPA USU. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam: Universitas Sumatera Utara.

Mega, C., Ronconi, L., & De Beni, R. (2014). What makes a good student? How emotions, self-regulated learning, and motivation contribute to academic achievement. Journal of Educational Psychology, 106(1), 121–131. https://doi.org/10.1037/a0033546

Mudjiran. 2021. Penerapan prinsip-prinsip psikologi dalam pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Pekrun, R., Elliot, A. J., & Meier, M. A. (2009). Achievement goals and achievement emotion: Testing model of their joint relations with academic performance. Journal of Educational Psychology, 101(1), 115-135. https://doi.org/10.1037/a0013383

Putri, C. P., Mayangsari, M. D., & Rusli, R. (2018). Pengaruh stress akademik terhadap academic help seeking pada mahasiswa psikologi UNLAM dengan indeks prestasi kumulatif rendah. Jurnal Kognisia. 1(2).

Reyes, M. R., Brackett, M. A., Rivers, S. E., White, M., & Salovey, P. (2012). Classroom emotional climate, student engagement, and academic achievement. Journal of Educational Psychology, 104(3), 700–712. https://doi.org/10.1037/a0027268

Roach, M. (2017). The declining interest in an academic career. Plos One, 12(9). doi: 10.1371/journal.pone.0184130

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sharma, B. (2012). Adjustment and emotional maturity among first year college students. Pakistan Journal of Social and Clinical Psychology, 9(3), 32-37.

Sheikh, A. S. F., Sheikh, S. A., Kaleem, A., Waqas, A. (2013). Factors contributing to lack of interest in research among medical students. Advances Medical Education and Practice, 2013(4), 237-243. https://doi.org/10.2147/AMEP.S51536

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Stapleton, M. (2020). Pendidikan berbasis psikologi. Bandung: Nusa Media.

Syafi’I, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. H. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2). ISSN: 2549-4163.

Syah, M. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Syardiansah. (2016). Hubungan motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa mata kuliah pengantar manajemen. Jurnal Manajemen dan Keuangan. 5(1).

Wang, M. T. & Jacquelynne, S E. 2013. School context, achievement motivation, and academic engagement: A longitudinal study of school engagement using a multidimensional perspective. Learning and Instruction, 28, 12-23. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2013.04.002

Wu, H., Zheng, J., Li, S., & Guo, J. (2019). Does academic interest play a more important role in medical sciences than in other disciplines? A nationwide crosssectional study in China. BMC Medical Education, 19(301), 1-8. https://doi.org/10.1186/s12909-019-1737-1


Article Metrics

Abstract view : 77 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.