Dampak Mediasi Kebijakan Deviden Pada Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan

Mukhammad Idrus(1*), Azwar Anwar(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak mediasi kebijakan deviden pada pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian ini sebanyak 47 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013 s.d. 2018, kemudian diambil sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan beberapa kriteria sesuai kebutuhan penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunderyaitu laporan keuangan perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013 s.d. 2018. Berdasarkan hasil analisis SEM PLS dengan software WarpPLS 6.0, hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan deviden memediasi secara penuh pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan.

 

KataKunci:Kebijakan Deviden, Profitabilitas, Nilai Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Azhar, Zulfa Afifatul, Ngatno, dan Wijayanto, Andi. 2018. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016). Ejournal Undip.

Brigham, Eugene F. dan Joul F Houston. 2001. Manajemen Keuangan. Jakarta: Erlangga.

Chin, W., W. 1998. The Partial Least Squares Approach for Structural Equation Modeling. In G. A. Marcoulides (Ed.). Modern Methods for Business Research. pp. 295-336. USA: Mahwah, NJ. Lawrence Erlbaum Associates.

Ghozali, Imam dan Hengky Latan. 2014. Partial Least Squares. Konsep, Metode, dan Aplikasi Menggunakan Program WarpPLS 4.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Horne, James C. Van and John, M. Wachowicz, 2012, Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan, Edisi kesembilan. Salemba empat: Jakarta.

Husnan, Suad. 2001. Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Yogyakarta : Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN.

Keown. 2004. Manajemen Keuangan: Prinsip-prinsip dan Aplikasi. Edisi 9, Indeks: Jakarta.

Kusumadilaga, Rimba. 2010. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Mahendra, Alfredo DJ. 2011. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan (Kebijakan Deviden Sebagai Variabel Moderating) Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Pascasarjana Universitas Udayana Denpasar.

Martono, dan Harjito, D. Agus. 2005. Manajemen Keuangan. Edisi Pertama,. Cetakan Pertama, Yogyakarta: Penerbit Ekonisia Fakultas Ekonomi UI.

Mudrajad, Kuncoro. 2003. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta Erlangga.

Puspita, Novita Santi. 2011. Analisis Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2009 (Studi Kasus Pada Sektor Industri Food And Beverages). Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Sari, Kartika Hadiyanti Wulan dan Purnamasari, Linda. 2015. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan LQ45 Di Bursa Efek Indonesia. Eprint Perbanas.

Sartono, Agus. 2001. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Sholihin, M. dan Ratmono D. 2013. Analisis SEM PLS dengan Warp PLS untuk Hubungan Nonlinier dalam Penelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Solihah, Euis dan Taswan. 2002. Pengaruh Kebanyakan Utang Terhadap Nilai Perusahaan serta Beberapa Faktor yang Memengaruhinya. Jurnal Bisnis dan Ekonomi.

Sulistyowati, Indah, Ratna Anggraini dan Tri Hesti Utaminingtyas. 2010. Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Growth Terhadap Kebijakan Deviden dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel mediasi. Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto.

Tandelilin, Eduardus. 2001. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Yogyakarta : PT. BPFE.

Wijaya, Bayu Irfandi dan Sedana, I.B. Panji. 2015. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Kebijakan Dividen Dan Kesempatan Investasi Sebagai Variabel Mediasi). Jurnal Manajemen Unud.


Article Metrics

Abstract view : 79 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.