Model Pembelajaran Model Utuh Pada Pembelajaran Engine Management System (EMS)

Saharuna Saharuna(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar engine management system mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar setelah menggunakan media model utuh dan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran engine management system model utuh terhadap hasil belajar mata kuliah engine management system mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Makassar. Penelitian dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas  Universitas Negeri Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu, dengan nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan teknik otomotif FT UNM angkatan 2018. Sampel penelitian dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan tiap kelompok berjumlah 6 orang mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengambilan data dengan menggunaka observasi, tes praktik dan dokumentasi. Jenis data penelitian adalah data ordinal. Data penelitian dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji analisis statistik nonparametrik dengan Mann-Whitney U. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian: pertama, hasilbelajar praktek mata kuliah engine management system mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar mengalami peningkatan setelah menggunakan media pembelajaran model utuh dengan hasil 4 orang mahasiswa yang memperoleh nilai C dan 2 orang mahasiswa yang memperoleh nilai B; kedua, ada pengaruh media model utuh terhadap hasil belajar kelistrikan teknik sepeda motor mahasiwa jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassardengannilaisignifikansi U-T sig.(2-tailed) adalahsebesar 0,02 dan nilai alfa 0,05 (df = 5%).

 

Kata Kunci: Engine Management System, Media Model Utuh, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. 2006. Sistem Pendidikan Nasional: Jurnal Pendidikan, (Online), Vol.1 No.7, http://jurnal.fkip.uns.ac.id/, diakses (02 Maret 2017)

Dirman dan Juarsih. 2014. Teori Belajar dan Prinsip-Prinsip Pembelajar yang Mendidik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Karim, Abdul. 2007. Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Maolani, Rukaesih A dan Cahyana. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Ruhimat, Toto dkk. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Supardi. 2016. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif dan Psikomotor (Konsep dan Aplikasi). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Syatori, Toto N dkk. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Santoso, Singgih. 2014. SPSS 22 From Essential To Expert Skills. Jakarta: Kompas Gramedia.

Suliyanto. 2014. Statistika Non Parametrik Dalam Aplikasi Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta


Article Metrics

Abstract view : 107 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.