Sistem Kendali Hemat Energi Pada Gedung Bertingkat Berbasis Internet Of Things (IoT)

Yunus Tjandi(1*), Zulhajji Zulhajji(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Hampir keseluruhan struktur penyangga kehidupan modern terkait dengan energi listrik. Kenyataan di lapangan menggambarkan masih banyak penggunaan energi listrik yang kurang tepat sasaran, hal mana banyak menimbulkan kecelakaan Hubung Pendek. Untuk mencegah hal tersebut, diperlukan pengetahuan listrik yang baik dan benar serta harus ditambahkan dengan penggunaan sistem kendali yang berbasis Internet of Things yang hemat energi serta berfungsi untuk mengamankan Gedung tersebut beserta isinya. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) membuat Perangkat Lunak Sistem Kendali Hemat Energi Berbasis Internet Of Things (IoT) yang berfungsi untuk mengendalikan penggunaan energi listrik pada Gedung Bertingkat dengan menggunakan  Smartphone,  2) menghasilkan Perangkat Sistem Kendali Hemat Energi dengan menggunakan perangkat lunak  yang telah dibuat, 3)  membuat Interface dan Aplikasi perangkat sistem kendali hemat energi berbasis Internet of Things (IoT)  dengan bantuan smartphone yang berfungsi untuk  mengendalikan perangkat listrik pada Gedung bertingkat, baik dari jarak dekat, maupun dari jarak jauh. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dengan pakar kendali, teknik literatur, dan teknik pengukuran langsung terhadap perangkat kendali yang digunakan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode-logic, berdasarkan sistem kendali berbasis Internet of Things (IoT)  menggunakan Smartphone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Perangkat Lunak Sistem Kendali Hemat Energi Berbasis Internet Of Things (IoT) telah berfungsi dengan baik, hal ini dibuktikan dengan berfungsinya semua sistem kendali, baik pada sistem pengaman(MCB), maupun untuk berbagai beban yang dikendalikan,  2) Perangkat Sistem Kendali Hemat Energi berbasis Internet Of Things yang dibuat untuk mengendalikan perangkat peralatan, telah berfungsi dengan baik, hal ini telah dibuktikan pada uji coba penelitian dengan menggunakan Smartphone, 3). Interface dan Aplikasi Sistem Kendali berbasis Internet Of Things yang dibuat telah berfungsi dengan baik, dan dapat mengendalikan perangkat peralatan listrik yang terdapat dalam suatu Gedung bertingkat.

 

Kata Kunci: Internet Of Things (IoT), Perangkat Lunak, Interface, Perangkat Sistem Kendali, Smartphone

Full Text:

PDF

References


Amalia Hanifah, Iwan Setiawan, Darjat. 2011. Aplikasi Smart Card sebagai Pengunci Elektronis pada Smart Home. Universitas Diponegoro. Semarang

Brusco, J.M (2010). Using Smartphone Application in Perioperative Practice. AORN Journal Vol.92/5, 503-508

Grant B. Cornell, Christopher D. Celestial, and Arc E. P. Mercolesia. 2013. Smart Home Electricity Management System Using Cloud Computing (SHEMS). Journal of Advances in Computer Networks, Vol. 1, No. 1, March 2013.

Hanafi Al Fatta .2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Andi Yogyakarta.

Imam Bakhsh, dkk. 2012. Intelligent Home Monitoring Using RSSI in Wireless Sensor Networks. International Journal of Computer Networks & Communications (IJCNC) Vol.4, No.6, November 2012.

Lingga Wardhana. 2008. Mikrokontroler AVR Seri AT Mega 8535. Yogyakarta : Andi.

Nazruddin Safaat H, 2011, Pemrograman Aplikasi Mobile Smart Phone dan Tablet PC Berbasis Android, Informatika.

Putra, E.A., 2002, Belajar Mikrokontroler AT89C51/52/56 Teori dan Aplikasi, Gava Media, Jogjakarta

PUIL’ 2000. Peraturan Umum Instalasi Listrik. 2011. Jakarta.

Rajeev Piyare, Seong Ro Lee. 2013. Smart Home-Control and Monitoring System Using Smart Phone. Proceedings, The 1st International Conference on Convergence and it's Application. ICCA 2013, ASTL Vol. 24, pp. 83 - 86, 2013.

Sean Young Tjahyadi, Parlinggoman R. H., 2012. Intelligent Building Management System Pada Ac Dan kWh Meter Berbasis Web dan Mobile Android Pada Gedung The Energy. Bina Nusantara University. Jakarta.[6]


Article Metrics

Abstract view : 105 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.